alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tenggelamnya Kapal Pengayoman IV, Polres Cilacap Periksa 8 Saksi

Ronald Seger Prabowo Sabtu, 18 September 2021 | 15:00 WIB

Tenggelamnya Kapal Pengayoman IV, Polres Cilacap Periksa 8 Saksi
Kapal Pengayoman IV terbalik saat akan menuju ke Nusakambangan dari Dermaga Wijayapura, Kabupaten Cilacap, Jumat (17/9/2021). [Dokumentasi Basarnas]

Kapal Pengayoman IV membawa tujuh penumpang dan dua truk bermuatan material.

SuaraJawaTengah.id - Usai terjadinya peristiwa tenggelamnya Kapal Pengayoman IV di perairan Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, pihak kepolisian dari Polres Cilacap kini tengah memeriksa sejumlah saksi untuk menyelidiki penyebab kejadian yang merenggut dua korban meninggal dunia ini.

Kapolres Cilacap, AKBP Leganek Mawardi menjelaskan ada delapan saksi yang diperiksa dari warga yang melihat langsung tenggelamnya Kapal Pengayoman IV pada Jumat (17/9/2021) kemarin.

"Saat ini ada delapan saksi yang sudah kita mintai keterangan sementara ini, baik saksi mata yang di sekitar TKP. Kemudian saksi yang menolong perahu yang datang, saksi korban selamat,"katanya saat ditemui wartawan, Sabtu (18/9/2021).

Selain itu pihak kepolisian juga meminta keterangan kepada petugas dermaga yang menyeberangkan Kapal Pengayoman IV. Hal ini bertujuan untuk mengetahui berupa jumlah penumpang yang ada.

Baca Juga: Sebelum Tenggelam, Kapal Pengayoman IV Diklaim Rutin Jalani Perawatan

"Untuk keterangan saksi memang beberapa menerangkan lebih kepada bagaimana proses kejadiannya, penyelidikan lebih lanjut akan kita dalami," jelasnya.

Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi saat menjelaskan perkembangan penyelidikan terkait penyebab kebakaran di area pertangkian 39 Kilang Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (13/6/2021). [ANTARA/Sumarwoto]
Kapolres Cilacap AKBP Leganek Mawardi saat menjelaskan perkembangan penyelidikan terkait penyebab kebakaran di area pertangkian 39 Kilang Pertamina Refinery Unit IV Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (13/6/2021). [ANTARA/Sumarwoto]

Kejadian tersebut juga terekam melalui CCTV dari Dermaga Wijayapura. Dalam rekaman tersebut menurut Leganek, memperlihatkan detik-detik kapal tersebut terbalik kemudian tenggelam.

"Dari CCTV juga memperlihatkan arus kencang dalam hal itu, sehingga kapalnya terbawa arus," terangnya.

Sementara itu, hingga Sabtu (18/9/2021) bangkai Kapal Pengayoman IV kondisinya masih belum biss dievakuasi. Pihak kepolisian juga sempat menutup arus lalulintas kapal pada hari Jumat (17/8/2021) seusai kejadian.

Diberitakan sebelumnya Kapal pengayoman IV yang biasa digunakan untuk mengangkut tamu dan narapidana dikabarkan tenggelam saat menuju Nusakambangan dari Dermaga Wijayapura, Kabupaten Cilacap, Jumat (17/9/2021) pagi pukul 08.45 WIB.

Baca Juga: Baru Beroperasi 9 Tahun, Kapal Pengayoman IV Masih Laik Jalan

Video setelah tenggelamnya kapal tersebut tersebar melalui media sosial dalam durasi 1,46 menit. Dalam video tersebut nampak bagian dasar kapal yang dikelilingi oleh kapal nelayan yang hendak melakukan evakuasi.

Kontributor : Anang Firmansyah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait