alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Miris! Aktif Berserikat, Buruh di Semarang Malah Kena PHK

Ronald Seger Prabowo Selasa, 21 September 2021 | 15:03 WIB

Miris! Aktif Berserikat, Buruh di Semarang Malah Kena PHK
Aksi buruh FSPMI di Kota Semarang. [Suara.com/Dafi Yusuf]

Sebelum terkena PHK, beberapa buruh yang terlibat serikat dilakukan mutasi ke bagian yang lebih rendah.

SuaraJawaTengah.id - Sejumlah buruh PT GS Battery  Semarang kena PHK sepihak diduga karena tergabung dalam serikat pekerja Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Semarang. 

Ketua PC SPAM FSPMI Semarang, Moch Abidin mengatakan, ada empat buruh yang kena PHK secara sepihak. Sebelum terkena PHK, beberapa buruh yang terlibat serikat dilakukan mutasi ke bagian yang lebih rendah. 

"Yang tadinya menjabat operator tiba-tiba dipindah menjadi tukang kebun, penjaga WC hingga penjaga loker," jelasnya saat ditemui di depan PT GS Battery Plant Semarang, Selasa (21/9/2021). 

Tak hanya itu, lanjutnya, berdasarkan laporan yang dia terima PT GS Battery Plant Semarang juga menugaskan security untuk mencintai anggota FSPMI. 

Baca Juga: Akhirnya Hari Nur Yulianto Dipanggil Timnas, Ini Komentar Bos PSIS Semarang

"Setelah itu, 28 Desember 2020 tiga anggota FSPMI dengan pekerja kontrak kena PHK," ujarnya. 

Tak berhenti itu saja, 4 Juni 2021 giliran karyawan tetap yang merupakan anggota FSPMI juga kena PHK sekalipun masih diperselisihkan. 

"Selanjutnya, giliran Ketua dan Sekretaris PUK FSPMI juga di skorsing sebelum akhirnya kena PHK juga," paparnya. 

Dugaan union busting yang dialami PUK SPAMK FSPMI PT GS Battery Semarang akan dijadikan isu nasional. Untuk itu, dia menuntut agar buruh tersebut kembali dipekerjakan. 

"Jika permasalahan ini tak kunjung selesai, isu tersebut akan dibawa ke level yang lebih besar," ucapnya. 

Baca Juga: Apes! Tertimpa Musibah, Pegawai RSUD Wongsonegoro Kota Semarang Siap-siap Dapat Sanksi

Selain itu, pihaknya juga mengancam akan membawa massa lebih banyak jika PT GS Battery Semarang tak segera mengembalikan pekerjaan buruh yang kena PHK karena ingin berserikat. 

"Tidak menutup kemungkinan, ribuan anggota FSPMI utusan dari setiap wilayah di Pulau Jawa akan membanjiri depan  gerbang PT GS Battery Semarang," katanya. 

Seperti diketahui, sampai saat ini ratusan buruh FSPMI yang berasal dari berbagai daerah seperti Purwokerto, Bekasi,  Jepara, Semarang dan beberapa daerah lain melakukan aksi protes di depan PT GS Battery Semarang. 

Kontributor : Dafi Yusuf

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait