alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Makanan Khas Semarang Paling Enak, No Debat!

Pebriansyah Ariefana Rabu, 06 Oktober 2021 | 06:57 WIB

7 Makanan Khas Semarang Paling Enak, No Debat!
Gerobak Tahu Gimbal Pak Ali Semarang. (ist/Jatengnews.id)

Mulai dari Tahu Gimbal, Garang Asem hingga Soto Bangkong.

SuaraJawaTengah.id - Daftar makanan khas Semarang paling populer di mulut para pencinta kuliner Indonesia. Mulai dari Tahu Gimbal, Garang Asem hingga Soto Bangkong.

Jika bertandang ke suatu tempat, mencoba makanan khas daerah setempat merupakan hal yang wajib dilakukan. Salah satunya adalah daerah Semarang, terdapat banyak sekali makanan khas yang hanya dijumpai di kota ini dan menjadi hal wajib dilakukan para wisatawan.

Berikut ini adalah makanan khas kota Semarang yang tak boleh kamu lewatkan:

1. Tahu Gimbal

Baca Juga: Trik Sukses Bisnis Kuliner di Dunia Digital Saat Pandemi Covid-19

Tahu Gimbal makanan khas semarang. (Instagram/@cabemicin)
Tahu Gimbal makanan khas semarang. (Instagram/@cabemicin)

Makanan khas Semarang yang pertama adalah tahu Gimbal. Mungkin pertama kali mendengar nama kuliner satu ini akan mengasumsikan bahwa si penjual tahu Gimbal memiliki rambut yang gimbal.

Tetapi hal tersebut bukanlah yang sebenarnya melainkan banyaknya campuran di dalam satu piring tahu Gimbal antara lain seperti udang goreng tepung.

Beberapa bumbu dapur serta sedikit toge kemudian digoreng sehingga menghasilkan bentuk yang padat menggumpal atau yang dalam bahasa Jawa disebut dengan kempel. Sehingga dari hal tersebutlah lahir nama tahu Gimbal.

Dalam penyajiannya tahu Gimbal akan lebih nikmat apabila disiram menggunakan sauce kacang ditambahkan dengan lontong. Tahu Gimbal diperkirakan menjadi makanan khas masyarakat Semarang sejak abad ke-19.

2. Garang Asem

Baca Juga: 5 Makanan Thailand yang Lezat dan Wajib Dicoba!

7 Makanan Khas Semarang Paling Enak, No Debat! - 2

Serupa dengan pepes, Garang Asem merupakan kudapan yang terdiri dari ayam ditambah dengah kuah santan yang kemudian dibungkus oleh daun pisang dengan beragam bumbu rempah khusus yang ketika dimasak akan menyebarkan bau serta dapat menggugah selera makanmu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait