alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Situasi Pandemi Semakin Membaik, Pemprov Jateng Minta Pemda Perbanyak Sentra Vaksinasi

Budi Arista Romadhoni Selasa, 19 Oktober 2021 | 18:56 WIB

Situasi Pandemi Semakin Membaik, Pemprov Jateng Minta Pemda Perbanyak Sentra Vaksinasi
ilustrasi vaksinasi Covid-19. Pemprov Jateng meminta sentra vaksinasi di daerah untuk diperbanyak, apalagi situasi pandemi semakin menunjukan tren positif. [Envato]

Pemprov Jateng meminta sentra vaksinasi di daerah untuk diperbanyak, apalagi situasi pandemi semakin menunjukan tren positif

SuaraJawaTengah.id - Program Vaksinasi terus dikebut di Provinsi Jawa Tengah. Meski situasi pandemi sudah kondusif, pencapaian vaksinasi di beberapa daerah ternyata masih rendah. 

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah meminta pemerintah kabupaten/kota memperbanyak sentra vaksinasi guna meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 yang masih rendah di beberapa daerah.

"Pemerintah daerah jangan hanya mengandalkan sentra vaksinasi yang terpusat di pendapa kabupaten/kota saja, tapi menyebar di sejumlah tempat," kata Kepala Dinkes Provinsi Jateng Yulianto Prabowo di Semarang, Selasa (19/10/2021).

Permintaan tersebut dikhususkan untuk kabupaten/kota seluruh Jateng yang cakupan vaksinasinya belum mencapai 50 persen.

Baca Juga: Kemenkes Ungkap Sejumlah Kendala Vaksinasi Covid-19 di Masyarakat Indonesia

Menurut dia, percepatan vaksinasi juga bisa dilakukan dengan menambah tenaga vaksinasi hingga ke tingkat desa/kelurahan.

"Termasuk, melakukan vaksinasi ke rumah-rumah warga yang diketahui belum divaksinasi," ujarnya.

Percepatan vaksinasi dengan cara dari rumah ke rumah juga diharapkan menyasar pada prioritas, yakni lansia, dan orang dengan penyakit bawaan atau komorbid.

"Untuk percepatan itu, tidak mengandalkan sentra-sentra vaksinasi, tetapi perlu tim-tim vaksinasi di tingkat desa. Jadi, nanti serentak dan akan mempercepat. Karena kalau cuma sentra vaksinasi paling satu dua sentra saja, tapi kalau ada tim vaksinasi desa yang bergerak bersama akan mempercepat cakupan sasaran," katanya.

Yulianto mengungkapkan, hingga saat ini capaian vaksinasi di Jateng rata-rata sudah berada di angka 49,5 persen, namun masih ada daerah yang capaian vaksinasinya berada di bawah 50 persen hingga di bawah 30 persen. 
[ANTARA]

Baca Juga: BMKG: Waspadai Potensi Banjir Hingga Badai Tropis di Jateng Selatan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait