alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

PPKM Level 3 Saat Libur Nataru, Kapolda Jateng Pastikan Tak ada Penyekatan Jalan

Budi Arista Romadhoni Minggu, 28 November 2021 | 11:33 WIB

PPKM Level 3 Saat Libur Nataru, Kapolda Jateng Pastikan Tak ada Penyekatan Jalan
Ilustrasi Natal. Polda Jateng mengumumkan Perayaan Nataru kali ini tak ada penyekatan jalan seperti tahun sebelumnya. [shutterstock]

Polda Jateng mengumumkan Perayaan Nataru kali ini tak ada penyekatan jalan seperti tahun sebelumnya

SuaraJawaTengah.id - Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru hal yang ditakuti adalah melonjaknya kasus Covid-19. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bakal diterapkan. 

Menyadur dari Solopos.com, Aparat Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) menyatakan tidak akan melakukan penyekatan di wilayah perbatasan atau jalur keluar-masuk wilayah Jateng saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (nataru) nanti.

Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi, mengatakan pada Sabtu (27/11/2021), mencegah Covid-19 nanrinya adanya cek poin dan tidak ada penutupan akses masuk ke Jawa Tengah. 

“Enggak ada [penyekatan]. Adanya cek poin untuk yang pergi dan masuk ke Jateng. Apakah [mereka] dilengkapi surat-surat seperti sudah divaksin dan antingen, termasuk saat PPKM [level 3] nanti,” ujar Kapolda Jateng dalam rekaman suara dari Bidhumas Polda Jateng.

Baca Juga: Kemenhub Berencana Lakukan Tes Antigen Acak pada Pengendara di Libur Nataru

Cek poin, lanjut Kapolda Jateng, akan dilakukan di sejumlah jalur yang tingkat mobilitas atau pergerakan masyarakat tinggi seperti jalan tol, rest area, dan jalur-jalur perbatasan kabupaten/kota.

Sementara itu sebagai persiapan menghadapi Nataru, Polda Jateng rencana juga menggelar Operasi Lilin Candi mulai 24 Desember 2021 hingga 9 Januari 2022. Namun sebelum Operasi Lilin Candi, Polda Jateng akan menggelar serangkaian kegiatan rutin Kepolisian yang ditingkatan atau KRYD.

“Nanti kita juga minta kepada masyarakat di pedesaan untuk memantau atau mengawasi warganya yang datang dari luar daerah. Nanti dicatat dan dilaporkan ke Babinsa maupun Bhabinkamtibmas untuk dilakukan evaluasi,” ujar Kapolda Jateng.

Kapolda Jateng berharap dengan adanya Operasi Lilin Candi dan KRYD mobilitas masyarakat di Jateng bisa terkendali. Hal itu akan menekan laju persebaran Covid-19 hingga kekhawatiran akan datangnya gelombang ketiga Covid-19 tidak terjadi.

Demi menekan penularan Covid-19, Polda Jateng juga terus mengencarkan kegiatan vaksinasi. Saat ini Polda Jateng mendapat jatah 49.000 dosis vaksin yang disebar di 53 lokasi di Jateng.

Baca Juga: Pemerintah Terapkan PPKM Level 3 saat Libur Natal dan Tahun Baru

Dengan distribusi vaksin sebanyak itu, Luthfi pun berharap capaian vaksinasi di Jateng hingga akhir tahun nanti telah mencapai 100%, atau herd immunity.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait