alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Disadari Banyak Orang, 56,1 Persen Manusia di Indonesia Ternyata Hidup di Pulau Jawa

Budi Arista Romadhoni Senin, 29 November 2021 | 16:28 WIB

Tak Disadari Banyak Orang, 56,1 Persen Manusia di Indonesia Ternyata Hidup di Pulau Jawa
Ilustrasi Peta Pulau Jawa. Lebih dari 50 persen manusa di Indonesia ternyata hidup di Pulau Jawa. (Solopos/Twitter)

Lebih dari 50 persen manusa di Indonesia ternyata hidup di Pulau Jawa

SuaraJawaTengah.id - Tak disadari oleh sebagian orang, penduduk di pulau Jawa ternyata paling padat di Indonesia. Lebih dari 50 persen populasi di Indonesia hidup di pulau ini. 

Kapadatan penduduk tersebut tentu saja berpengaruh kondisi lingkungan, sosial dan ekonomi di pulau Jawa. 

Menyadur dari Solopos.com, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) melalui hasil sensus penduduk pada 2020 lalu, jumlah populasi Indonesia berkisar 270,2 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, sebanyak lebih dari 151 juta jiwa atau 56,1 persen penduduk tinggal di pulau Jawa.

Hal ini membuat pulau Jawa tercatat sebagai pulau dengan penduduk terbesar di Indonesia dan dunia dengan luas wilayah sekitar 128.297 km2.

Baca Juga: Penangkaran Burung Branjangan di Karawang

Beberapa faktor yang menyebabkan tingginya populasi di pulau Jawa ini di antaranya adalah pusat pemerintahan ada di Pulau Jawa sehingga secara otomatis pulau ini mendapatkan dampak signifikan paling terdepan dari program pengembangan yang diadakan pemerintah.

Hal ini terwujud dalam banyaknya area-area industri yang dibangun dan berkembang pesat, hingga sarana prasarana lengkap. Selain itu, karena banyak terdapat gunung api menyebabkan tanah di pulau Jawa subur dan cocok untuk bercocok tanam.

Di Jawa Tengah, jumlah penduduk mencapai 34,7 juta  dengan luas wilayah sebesar 3,25 juta hektar (Ha) atau sekitar 25,04 persen dari luas pulau Jawa keseluruhan dan 1,70 persen dari luas wilayah Indonesia. Dibandingkan dengan hasil sensus sebelumnya, jumlah penduduk Jawa Tengah terus mengalami peningkatan, yaitu sekitar 4,1 juta jiwa per 10 tahun atau 400.000 jiwa setiap tahunnya.

Pada 2014, BPS mencatat bahwa kepadatan provinsi di Jawa Tengah berada di posisi kelima setelah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, dan DI. Yogyakarta dengan jumlah 1022 jiwa per km2. Sebagaimana disebutkan bahwa banyaknya daya tarik pulau Jawa sehingga menjadi pulau terpadat di Indonesia, salah satunya berupa sarana prasarana yang lengkap, Jawa Tengah bisa dikatakan memiliki sarana prasarana yang lengkap.

Fasilitas di Jawa Tengah Lengkap dan Banyak Area Industri Tumbuh

Baca Juga: Siapakah Kerajaan Islam Pertama di Pulau Jawa, Kerajaan Lamajang Tigang Juru atau Demak?

Dilansir dari Jatengprov.go.id, Senin (29/11/2021), Jawa Tengah memiliki fasilitas berupa penddidikan yang lengkap, mulai dari sekolah, universitas, hingga lembaga-lembaga pelatihan. Jawa Tengah juga memiliki sekolah bertaraf internasional yang tersebar di berbagai wilayah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait