facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Menyebar ke Seluruh Daerah dan Luar Negeri, Suku Jawa Disebut Mudah Diterima Banyak Pihak

Budi Arista Romadhoni Kamis, 09 Desember 2021 | 12:51 WIB

Menyebar ke Seluruh Daerah dan Luar Negeri, Suku Jawa Disebut Mudah Diterima Banyak Pihak
Anak suku Jawa. Suku Jawa disebut-sebut mudah diterima oleh berbagai kalangan, ternyata ini alasannya [Foto: Phinemo.com]

Suku Jawa disebut-sebut mudah diterima oleh berbagai kalangan, ternyata ini alasannya

SuaraJawaTengah.id - Orang Jawa menjadi penduduk yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Tak hanya di dalam negeri, Suku Jawa juga diterima di negara-negara di Dunia. 

Diketahui Suku Jawa merupakan kelompok masyarakat yang mendiami sebagian besar wilayah Pulau Jawa, seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah istimewa Yogyakarta (DIY).

Tinggal di pulau paling padat membuat warga Suku Jawa menjadi penduduk dominan di Indonesia dengan persentase lebih dari 40 persen dari total penduduk.

Keberadaannya tidak hanya terkonsentrasi di daerah domisilinya saja, namun juga tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Bahkan ada beberapa populasi Suku Jawa di negara lain, seperti Malaysia, Singapura, Suriname, dan Belanda.

Baca Juga: 5 Rumah Adat Jawa Tengah, Sederhana Tapi Sarat Makna

Menyadur dari Solopos.com Kamis 9/12/2021, keberadaan warga Suku Jawa di berbagai wilayah ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya program transmigrasi pemerintah sebagai upaya pemerataan penduduk. Lalu yang paling umum adalah keinginan pribadi untuk merantau supaya mendapatkan penghidupan yang lebih layak.

Faktor yang terakhir adalah pernikahan, di mana salah satu pihak dari pasangan tersebut harus pindah mengikuti pasangannya tinggal di daerah lain.

Keberadaan Suku Jawa di luar Pulau Jawa yang paling signifikan adalah di Provinsi Lampung dengan populasi lebih dari 4,8  juta penduduk. Jumlah populasi Suku Jawa di sana justru lebih dominan daripada suku asli setempat. Daerah berikutnya, yaitu di Sumtra Utara dengan populasi lebih dari 4,8 juta.

Dengan jumlah tersebut, Suku Jawa menempati urutan kedua dalam populasi di Sumatra Utara dengan persentase 31 persen.

Jumlah populasi Suku Jawa yang cukup signifikan di berbagai daerah di Indonesia ini menjadi bukti bahwa Suku Jawa adalah kelompok masyarakat yang paling mudah diterima.

Baca Juga: Deretan 10 Wisata Ngawi yang Punya Pesona Mengagumkan

Suka Mengalah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait