facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dirikan Masjid di London, NU di Inggris Raya Luncurkan Program Wakaf Gotong Royong

Budi Arista Romadhoni Rabu, 15 Desember 2021 | 10:19 WIB

Dirikan Masjid di London, NU di Inggris Raya Luncurkan Program Wakaf Gotong Royong
Ilustrasi--Masjid Sentral London di London, Inggris, Jumat (21/2/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Peter Nicholls/cfo

NU Inggris Raya meluncurkan program Wakaf Gotong Royong untuk mendirikan masjid Indonesia di kota London.

SuaraJawaTengah.id - Nahdlatul Ulama (NU) rupanya tidak hanya berkembang di Indonesia. Umat islam dari Indonesia itu ternyata juga berada di banyak negara, salah satunya di Inggris raya

Mereka pun juga sama seperti NU di Indonesia, yang hidup dengan gotong-royong. Terbaru, Nahdliyin Inggris Raya meluncurkan program Wakaf Gotong Royong untuk mendirikan masjid Indonesia di kota London. 

Ketua PCINU Inggris Raya Shandy Adiguna menyebutkan dengan luas bangunan masjid sebesar 368,5 meter persegi seharga Rp30 miliar akan berdiri masjid.

“Sudah sekitar dua dekade lalu, almarhum Kiai Royandi Abbas dan beberapa kiai nahdliyin di Inggris menggagas pendirian masjid ini, namun menghadapi beberapa kendala. Saat ini, kami mengajak bersama-sama nahdliyin sedunia, dan warga Muslim di mana pun berada, untuk bersama-sama menyisihkan dana untuk Wakaf Gotong Royong ini," kata dia dikutip dari ANTARA dalam keterangan tertulisnya pada Selasa malam (14/12/2021).

Baca Juga: Tak Perlu Berbondong-bondong ke Lampung, Muktamar NU Disiarkan Live Streaming

Program ini merupakan kolaborasi dari PCI Nahdlatul Ulama United Kingdom (PCINU UK), Muslimat NU UK, KBRI London dan IIC London.

Program ini juga berkolaborasi dengan beberapa lembaga, di antaranya NUCARE-Lazisnu, PPI UK, MES UK, Kitabisa, Masjid Istiqlal, serta Gusdurian Peduli.

Saat ini, ujar Shandy, pihaknya mengajak banyak pihak untuk berkolaborasi bersama mendirikan masjid Indonesia di London.

“Prinsipnya, kami ingin menghadirkan Islam yang rahmatan lil-alamin di London, Inggris. Kota London itu kan pusat peradaban, pemerintahan, ekonomi dan politik internasional di Eropa, jadi ini misi penting, perjuangan kita semua,” kata dia.

Sementara itu Yayah Indra, Ketua PCI Muslimat NU Inggris Raya, mengatakan muslimat sedunia siap bersama-sama bergerak untuk menyukseskan program ini.

Baca Juga: Dukungan pada Gus Yahya Menguat, Dinilai Pas Pimpin NU

“Alhamdulillah, beberapa waktu lalu kami menyelenggarakan agenda yang dihadiri Ketua Umum Muslimat Ibu Hj. Khofifah Indar Parawansa, Duta Besar Indonesia di London, Dr. Desra Percaya dan Dr. KH. Faqih Abdul Kodir. Kami juga mendapat dukungan dari jajaran PP Muslimat, serta teman-teman seperjuangan dari PW, PC dan PCI Muslimat dari berbagai negara,” jelas Yayah.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait