facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Waspada! Tawarkan Hadiah Menarik, Ini Ciri-ciri Penipuan Online

Budi Arista Romadhoni Minggu, 09 Januari 2022 | 07:25 WIB

Waspada! Tawarkan Hadiah Menarik, Ini Ciri-ciri Penipuan Online
Ilustrasi telpon. Penawaran yang dilakukan secara daring atau online terkadang malah menjebak masyarakat, penipuan online bisa terjadi. (Unsplash/ Gilles Lambert)

Penawaran yang dilakukan secara daring atau online terkadang malah menjebak masyarakat, penipuan online bisa terjadi

SuaraJawaTengah.id - Penawaran yang dilakukan secara daring atau penipuan online terkadang malah menjebak masyarakat. Dengan iming-iming menggiurkan menerima layanan online akan menjadi penyesalan di kemudian hari.

Diketahui Pandemi hampir dua tahun belakangan ini memaksa masyarakat untuk terhubung ke internet untuk membantu kegiatan sehari-hari. Pastinya pelayanan online menjadi hal yang biasa dilakukan.

Sayangnya, aktivitas di dunia maya tidak melulu aman, pengguna harus berhati-hati terhadap penawaran-penawaran yang bisa berujung penipuan.

Menyadur dari ANTARA, Ini lima ciri penipuan di dunia maya yang harus diwaspadai:

Baca Juga: Namanya Dicatut Orang Buat Penipuan, Ikmal Tobing Tempuh Jalur Hukum

1. Hadiah menarik dan intimidasi

Ilustrasi hadiah (Shutterstock)
Ilustrasi hadiah (Shutterstock)

Penipu online sering memanfaatkan perasaan calon korbannya supaya mau mengikuti keinginan mereka, seperti rasa penasaran, serakah atau takut.

Dalam berbagai kasus penipuan online, calon korban serind diiming-imingi hadiah yang luar biasa, seperti tunjangan dari pemerintah atau saldo mata uang kripto.

Jika tidak menawarkan hadiah yang menggiurkan, penjahat akan mengintimidasi korban seperti mengancam menyebarkan video korban yang sedang menonton film porno ke seluruh kontak.

Ketika mendapatkan email seperti itu dan merasa ingin melakukan apa yang diminta pengirim, itu sebenarnya tanda peringatan bahwa pesan tersebut adalah penipuan.

Baca Juga: Gagalkan Aksi Penipuan Online, Karyawan Alfamart Dapat Voucer Belanja

2. Waktu singkat

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

09:41 WIB
4 Tips Mencegah Upaya Phising

4 Tips Mencegah Upaya Phising

Phising bertujuan meyakinkan penerima mengikuti tautan ke situs web phishing dan memasukkan informasi penting, seperti login dan kata sandi atau detail rekening bank.

Selengkapnya

Komentar

Berita Terkait