facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Pesisir Selatan Jawa Tengah Berpotensi Terjadi Angin Kencang

Budi Arista Romadhoni Kamis, 03 Maret 2022 | 06:55 WIB

Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Pesisir Selatan Jawa Tengah Berpotensi Terjadi Angin Kencang
Ilustrasi angin kencang. BMKG mengimbau masyarakat di wilayah pesisir selatan Jawa Tengah mewaspadai potensi terjadinya angin kencang dalam beberapa hari ke depan. [Envato/twenty20photos]

BMKG mengimbau masyarakat di wilayah pesisir selatan Jawa Tengah mewaspadai potensi terjadinya angin kencang dalam beberapa hari ke depan

SuaraJawaTengah.id - Potensi terjadinya angin kencang diprediksi akan terjadi di pesisir selatan Jawa Tengah. Masyarakat pun diminta waspada dengan kondisi cuaca tersebut. 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat di wilayah pesisir selatan Jawa Tengah mewaspadai potensi terjadinya angin kencang dalam beberapa hari ke depan.

"Bahkan di wilayah kota Cilacap, angin kencang sudah terjadi sejak pagi hari. Tadi sempat terpantau mencapai 20 knot," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo dikutip ANTARA di Cilacap, Rabu (2/3/2022).

Menurut dia, peningkatan kecepatan angin tersebut merupakan dampak dari munculnya bibit siklon 908 di Samudra Hindia barat daya Sumatra dan bibit siklon 95S di Samudra Hindia selatan Jawa Timur.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Banjir Parah Landa Tiga Kabupaten di Jatim, Ketinggian Ada yang Capai Satu Meter Ratusan Warga Dievakuasi

Ia mengatakan BMKG akan terus mengamati perkembangan dua bibit siklon tersebut, apakah akan menguat menjadi badai (siklon) atau akan melemah hingga akhirnya hilang.

"Bibit-bibit seperti ini yang biasanya mengakibatkan angin lebih kencang daripada setelah jadi siklon, karena setelah jadi biasanya sudah menjauh dari wilayah Indonesia. Kami akan terus mengamati perkembangan dua bibit siklon tersebut," katanya menegaskan.

Oleh karena itu, kata dia, masyarakat di wilayah pesisir selatan Jateng diimbau untuk mewaspadai potensi terjadinya angin kencang dalam beberapa hari ke depan sebagai dampak dari munculnya dua bibit siklon tersebut.

Selain itu, lanjut dia, bibit siklon tersebut juga berdampak terhadap peningkatan tinggi gelombang di laut selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Disinggung mengenai prakiraan cuaca pada bulan Maret 2022 di wilayah Jateng bagian selatan dan pegunungan tengah Jateng, Teguh mengatakan akumulasi curah hujan di beberapa wilayah diprakirakan mulai menurun meskipun ada yang masih masuk kategori tinggi.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Bekasi dan Depok, Rabu 2 Maret 2022

"Wilayah di sekitar pegunungan tengah masih masuk kategori tinggi hingga sangat tinggi. Kalau Cilacap dan Banyumas sudah masuk menengah hingga tinggi terutama di wilayah Cilacap bagian barat. Demikian pula dengan Banjarnegara, Kebumen dan Purworejo juga masih tinggi," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait