facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Perayaan Waisak 2566 BE Dihadiri Wapres Ma'ruf Amin, Polisi Kerahkan 962 Personel

Budi Arista Romadhoni Rabu, 11 Mei 2022 | 15:12 WIB

Perayaan Waisak 2566 BE Dihadiri Wapres Ma'ruf Amin, Polisi Kerahkan 962 Personel
Persiapan membangun altar perayaan Waisak di lapangan Kenari, pelataran Candi Borobudur. [suara.com/ Angga Haksoro Ardi]

Wakil Presiden Maruf Amin direncanakan hadir pada puncak perayaan Waisak di Candi Borobudur, 16 Mei 2022. Rangkaian Waisak 2566 BE dimulai sejak 13 Mei 2022

SuaraJawaTengah.id - Wakil Presiden Ma’ruf Amin direncanakan hadir pada puncak perayaan Waisak di Candi Borobudur, 16 Mei 2022. Rangkaian Waisak 2566 BE dimulai sejak 13 Mei 2022.

Kapolres Magelang, AKBP Sajarod Zakun mengatakan, rapat koordinasi persiapan perayaan Waisak bersama Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) akan dilakukan Kamis (12/5/2022).

Rapat tersebut antar lain membahas pengamanan Wakil Presiden di zona 1 Candi Borobudur. Selain Walubi, pihak yang terlibat dalam kegiatan Waisak adalah Kodim 0705 Magelang, Polres Magelang, dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) selaku penanggung jawab tempat acara.

“Dalam kegiatan tersebut akan dihadiri Bapak Wakil Presiden. Kita lihat sampai sejauh mana kehadirannya,” kata AKBP Sajarod Zakun kepada wartawan Rabu (11/5/2022).

Baca Juga: Libur Lebaran, Pengunjung Candi Borobudur Tembus 143.333 Wisatawan

Menurut Kapolres jika Wakil Presiden hadir pada perayaan Waisak, pengamanan akan dikoordinasikan oleh TNI.

“Pengamanan Wakil Presiden ada tersediri yang nanti akan melibatkan unsur TNI. Untuk Polri hanya mendukung terkait pengamanan,” ujar AKBP Sajarod.

Sekitar 962 personel polisi disiapkan untuk mengamankan perayaan Waisak di Candi Borobudur. Pengamanan melibatkan personel Brimob, Dalmas Polres Magelang dan personel bantuan dari wilayah Polres tetangga.

Ada 2 jenis pengamanan jika Wakil Presiden dipastikan hadir. Pertama pengamanan Wakil Presiden yang akan hadir di zona 1 Borobudur dan juga pengamanan umum terkait Waisak.

Polisi menyiapkan antisipasi pengamanan saat acara pelepasan lampion yang bisanya dilakukan malam hari setelah puncak perayaan Waisak.

Baca Juga: 20 Link Twibbon Waisak 2022 serta Tata Cara Pemasangannya

“Karena ini menjadi acara yang ditunggu-tunggu oleh  masyarakat, apalagi penerbangan lampion akan kita lakukan pengamanan tersendiri.”

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait