facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Prediksi Cuaca dari BMKG, Semarang Berpotensi Diguyur Hujan dengan Intensitas Sedang

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 24 Juni 2022 | 07:37 WIB

Prediksi Cuaca dari BMKG, Semarang Berpotensi Diguyur Hujan dengan Intensitas Sedang
Ilustrasi hujan. BMKG memprakirakan sejumlah wilayah di Indonesia termasuk di Semarang pada Jumat berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. [unsplash.com/ @ewitsoe]

BMKG memprakirakan sejumlah wilayah di Indonesia termasuk di Semarang pada Jumat berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang

SuaraJawaTengah.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di Indonesia pada Jumat berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Menurut data dari BMKG ,menyebutkan sirkulasi siklonik yang membentuk daerah konvergensi telah meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sejumlah wilayah di Tanah Air.

BMKG menyebutkan di Pulau Sumatera kondisi cuaca secara umum diprakirakan hujan ringan hingga sedang kecuali di wilayah Aceh yang diprakirakan berawan.

Kendati demikian masyarakat di sekitar Palembang dan Pangkal Pinang diminta untuk mewaspadai potensi hujan yang disertai petir.

Baca Juga: BMKG Sebut Gempa Magnitudo 5,1 di Laut Banda Tidak Berpotensi Tsunami, Warga Maluku Diminta Tetap Tenang

Wilayah Pulau Jawa secara umum diprakirakan hujan dengan intensitas ringan kecuali Semarang dan Yogyakarta yang berpotensi hujan intensitas sedang.

BMKG memprakirakan di wilayah Kalimantan hujan ringan akan terjadi di Palangkaraya dan Samarinda. Potensi hujan dengan intensitas sedang yang disertai petir diprakirakan terjadi di Pontianak, Tanjung Selor dan Banjarmasin.

Sementara di Pulau Sulawesi, BMKG memprakirakan wilayah Palu, Manado dan Gorontalo berawan. Pada wilayah Makassar dan Kendari berpotensi hujan dengan intensitas ringan, dan wilayah Mamuju berpotensi hujan dengan intensitas sedang yang disertai petir.

BMKG juga memprakirakan wilayah Bali dan Nusa Tenggara berpotensi hujan ringan seperti di Denpasar, Kupang, Berawan dan Mataram

Sementara Ternate, Manokwari, Jayapura berpotensi hujan ringan dan wilayah Ambon berpotensi hujan sedang.

Baca Juga: Seto Nurdiyantoro Punya Tuah Apik di Stadion Manahan, PSS Sleman Siap Jungkalkan PSIS Semarang

Menurut informasi BMKG peluang hujan di sebagian kota besar Indonesia dipengaruhi oleh sirkulasi siklonik yang terpantau di Selat Karimata serta membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari Laut Jawa hingga Kepulauan Bangka Belitung.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait