7 Juta Kendaraan Diprediksi Padati Kota Solo Saat Mudik Lebaran 2019

Bangun Santoso
7 Juta Kendaraan Diprediksi Padati Kota Solo Saat Mudik Lebaran 2019
Ilustrasi kemacetan. [Shutterstock]

Arus mudik lebaran 2019 di Solo diprediksi tak akan jauh berbeda dengan tahun sebelumnya

Suara.com - Dinas Perhubungan ( Dishub) Kota Solo, Jawa Tengah memastikan adanya peningkatan jumlah kendaraan pribadi saat arus mudik 2019 mendatang. Peningkatan diprediksi cukup signifikan yakni mencapai 7 juta kendaraan setiap harinya.

Sedangkan untuk hari biasa jumlah kendaraan di Solo hanya berkisar antara 1,5 juta sampai dengan 2 juta kendaraan.

Kepala Dishub Solo, Hari Prihatno mengatakan, peningkatan jumlah kendaraan arus mudik 2019 ini tidak akan jauh berbeda dengan tahun lalu.

"Menurut prediksi kami, jumlah kendaraan yang melintas di Solo seperti tahun lalu, antara enam juta sampai tujuh juta kendaraan. Kalau hari biasa rata-rata dua juta kendaraan," ujar Hari, Jumat (17/5/2019).

Guna mengantisipasi adanya penumpukan kendaraan, Dishub Solo sudah bersiap. Sehingga, kepadatan kendaraan bisa diantisipasi dan tidak menimbulkan kemacetan di kawasan perkotaan. Masa libur yang cukup panjang diprediksi bisa mengurangi terjadinya kepadatan.

"Dengan waktu libur yang panjang, kan masyarakat bisa memilih waktu dengan leluasa. Kapan mereka akan mudik agar tidak begitu padat," katanya.

Beberapa titik yang perlu diwaspadai selama arus mudik lebaran 2019 di Solo, di antaranya di persimpangan sebidang Purwosari, di Gilingan, dan Faroka dan juga beberapa titik lainnya.

Kemudian, untuk kepadatan yang ada di wilayah Manahan dan sekitarnya bisa terbantu dengan adanya overpass. Selain di wilayah Solo, potensi kepadatan kendaraan saat arus mudik 2019 salah satunya di gerbang tol Klodran, Karanganyar.

"Karena di sana terjadi penyempitan jalan. Nanti kami akan melakukan sosialisasi kepada warga sebelum arus mudik," katanya lagi.

Kontributor : Ari Purnomo

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS