Digoyang Gempa 5,3 SR, Warga Cilacap Panik Berhamburan Keluar Rumah

Chandra Iswinarno
Digoyang Gempa 5,3 SR, Warga Cilacap Panik Berhamburan Keluar Rumah
Ilustrasi gempa. (Shutterstock)

Pekerja proyek perbaikan jalan di Cilacap mengaku sempat panik dan menghentikan aktivitas kerjanya.

Suara.com - Getaran Gempa yang terjadi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada Sabtu (29/6/2019) siang, mengejutkan warga daerah tersebut. Banyak warga yang panik dan berhamburan keluar rumah lantaran hebatnya goncangan yang dirasakan.

Seorang warga Cilacap Kota, Wahyu (33) menceritakan, gempa tersebut terjadi kisaran pukul 13.47 WIB.

"Saya lagi di kamar, mau tidur siang. Tiba-tiba ada guncangan gempa. Saya merasakan guncangan gempa cukup keras, sehingga segera keluar rumah,” kata Wahyu, saat dimintai konfirmasi Suara.com.

Wahyu sempat menyangsikan adanya gempa. Namun setelah menengok ke luar rumah , ia juga melihat sejumlah tetangga sudah berada di luar rumah.

"Guncangannya terasa cukup keras. Tapi kebetulan, di rumah saya sejauh ini tidak ada dampak kerusakan,” kata dia.

Guncangan gempa juga dirasakan oleh seorang pekerja proyek perbaikan jalan, Aji Mansur (35). Ia mengaku sempat panik dan menghentikan aktivitas kerjanya.

"Iya tadi ada gempa. Sempat istirahat beberapa waktu. Sekarang dilanjut lagi," kata Aji Mansur.

Untuk diketahui, Kabupaten Cilacap Jawa Tengah kembali diguncang gempa pada Sabtu (29/6/2019). Dari penuturan Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Cilacap, gempa yang terjadi berkekuatan 5,3 SR.

"Gempa yang terjadi pada pukul 13.46 WIB berlokasi di 8,56 lintang selatan dan 108,85 bujur timur atau 94 kilometer barat daya Cilacap dengan kedalaman 10 kilometer," kata Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi BMKG Cilacap Teguh Wardoyo seperti dilansir Antara, Sabtu (29/6/2019).

Kendati dirasakan cukup kuat hingga III "Modified Mercalli Intensity" (MMI) di Cilacap, dia mengatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Dia mengimbau warga untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh isu-isu yang tidak bertanggung jawab.

Kontributor : Teguh Lumbiria

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS