Ribuan Warga Purbalingga Perebutkan 189 Tumpeng, Ludes dalam Waktu 10 Menit

Chandra Iswinarno
Ribuan Warga Purbalingga Perebutkan 189 Tumpeng, Ludes dalam Waktu 10 Menit
Ribuan warga menikmati nasi tumpeng yang disediakan dengan jumlah 189 untuk memperingati hari jadi ke 189 Kabupaten Purbalingga, di Jalan Jenderal Sudirman Timur, Kabupaten Purbalingga pada Rabu (18/12/2019). [Suara.com/Anang Firmansyah]

ajian 189 tumpeng dengan berbagai macam menu merupakan sumbangan dari masyarakat serta jajaran OPD Kabupaten Purbalingga.

SuaraJawaTengah.id - Ribuan warga Kabupaten Purbalingga memadati jalan Jenderal Sudirman Timur pada Rabu (18/12/2019). Kedatangan mereka untuk menikmati sajian 189 tumpeng dengan berbagai macam menu merupakan sumbangan dari masyarakat serta jajaran OPD Kabupaten Purbalingga.

"Hari ini tanggal 18 Desember tepat memperingati hari jadi ke 189 Kabupaten Purbalingga. Jadi dalam rangka hari jadi ini, Pemkab Purbalingga mengadakan kegiatan satu bulan penuh," kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi pada Rabu (18/12/2019).

Sebelum santap bersama tersebut digelar, kegiatan ini didahului dengan agenda Panghargian Agung di Pendopo Dipokusumo Kabupaten Purbalingga. Setelah itu dilakukan juga kirab pusaka dengan memutar alun-alun.

"Dan dilanjutkan lagi dengan pesta rakyat, jadi makan tumpeng bersama dengan masyarakat. Jumlah tumpengnya ada 189 sesuai dengan (usia) hari jadi. Ini dilakukan sebagai wujud berbagi kebahagiaan dengan masyarakat Kabupaten Purbalingga," lanjutnya.

Biasanya jika merayakan hari jadi, identik dengan nasi kuning. Jadi dibuatlah beberapa tumpeng dari nasi kuning sumbangsih dari masyarakat. Khususnya desa-desa yang ada di Purbalingga.

"Saya tadi datang pukul 10.00 WIB dari rumah. Memang sengaja kepengin ikut langsung untuk menikmati nasi tumpeng dan berebut dengan masyarakat lainnya. Namanya pesta rakyat pasti bakal umpel-umpelan. Justru asyiknya disitu. Tapi saya tetap merasa senang. Tadi saya dapat nasi kuning, terus dapet tumpeng yang lauknya jengkol dan pete," kata Sahinah (45), warga Desa Lamongan, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga.

Ia datang bersama anaknya, khusus untuk membaur dan menikmati sajian tumpeng yang tersedia. Ia mengaku mengetahui informasi tersebut dari jejaring media sosial. Ia berharap untuk kedepannya Kabupaten Purbalingga lebih maju serta ada kegiatan seperti ini pada tahun mendatang.

Kontributor : Anang Firmansyah

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS