Kader Muda Dukung Gibran, Suara PKS Pecah Jelang Pilkada Solo?

Chandra Iswinarno
Kader Muda Dukung Gibran, Suara PKS Pecah Jelang Pilkada Solo?
Bakal Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tiba di Kantor DPP PDI-P, Menteng, Jakarta, Senin (10/2). [ANTARA FOTO/Galih Pradipta]

Koordinator Kaukus Muda PKS Solo Didik Hermawan mengatakan, ada berbagai macam pertimbangan yang mendasari sikap Kaukus Muda PKS Solo mendukung Gibran.

SuaraJawaTengah.id - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo 2020, sejumlah kader muda Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Kota Bengawan tersebut menyatakan dukungannya kepada Putra Sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjadi bakal calon wali kota.

Pernyataan dukungan tersebut datang dari kader yang tergabung dalam Kaukus Muda PKS Solo. Padahal hingga saat ini, DPD PKS Solo belum menentukan sikap politik dukungan dalam Pilkada Solo 2020.

Koordinator Kaukus Muda PKS Solo Didik Hermawan mengatakan, ada berbagai macam pertimbangan yang mendasari sikap Kaukus Muda PKS Solo dalam memberikan dukungan kepada Gibran Rakabuming.

“Salah satunya alasan futuristik. Jika Gibran jadi Wali Kota Solo, kita akan melihat proses pembangunan kota mengalami lompatan-lompatan. Ini terkait status sebagai anak Presiden. Hal-hal terkait percepatan pembangunan bisa didorong,” ujarnya saat diwawancarai Solopos.com-jaringan Suara.com pada Kamis (13/2/2020).

Menurut Didik, Gibran dinilai mempunyai banyak sumber daya untuk melakukan lobi-lobi untuk mendorong percepatan pembangunan. Sementara dari peta perpolitikan Solo, PDIP merupakan mayoritas, karena memiliki 30 kursi DPRD Solo dari total 45 kursi yang ada. Pun sudah ada beberapa parpol pemilik kursi parlemen yang telah menyatakan dukungannya kepada Gibran Rakabuming.

“Partai Gerindra, Partai Golkar, dan PSI arahnya ke sana. PKS tidak mungkin koalisi hanya dengan PAN. Tidak cukup,” urai dia.

Selain itu, Didik mengemukakan alasan Kaukus Muda PKS menjatuhkan pilihan kepada Gibran, lantaran belum adanya tokoh yang mampu melawan Bos Markobar tersebut.

“Walau tidak bisa duduk sejajar sebagai bagian dari koalisi, tapi nantinya PKS bisa berkomunikasi. PKS punya koneksi dengan Gibran sehingga ke depan, PKS punya akses dalam sharing atau diskusi untuk membangun Solo kian sejahtera,” katanya.

Untuk menyampaikan dukungan resmi, Didik mengemukakan Kaukus Muda PKS Solo bakal menemui jajaran struktur DPD PKS Solo dalam waktu dekat. Mereka ingin menyampaikan aspirasi mereka terkait dukungan untuk Gibran. Lantaran, dukungan tersebut tak mempunyai syarat apa pun.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS