Ibunda Jokowi Wafat, Jalan Letjen Suprapto Dipenuhi Ratusan Karangan Bunga

Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana | Muhammad Ilham Baktora
Ibunda Jokowi Wafat, Jalan Letjen Suprapto Dipenuhi Ratusan Karangan Bunga
Ratusan ucapan belasungkawa berbentuk karangan bunga untuk keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjajar di tepi Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Kamis (26/3/2020). - SuaraJogja.id/Muhammad Ilham Baktora

Dari selatan Jalan Letjen Suprapto hingga ke utara simpang lima APILL dipenuhi ucapan belasungkawa.

SuaraJawaTengah.id - Wafatnya ibunda Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomihardjo, di usia 77 tahun menjadi kabar duka bagi masyarakat Indonesia. Sejumlah instansi serta pejabat seluruh Indonesia pun merasakan hal yang sama. Ucapan belasungkawa ditunjukkan dengan mengirim karangan bunga. Bahkan bahu Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, dipenuhi ucapan tersebut.

Salah seorang warga Kampung Sumber RT 4/RW 6, Sri Maharyani (35), menjelaskan, sejak pukul 04.00 WIB, pick up pembawa karangan bunga sudah memenuhi depan rumahnya.

"Mulai subuh tadi sekitar pukul 04.00 WIB, jalan di depan rumah saya [Jalan Letjen Suprapto] sudah ramai orang memasang karangan bunga. Malamnya [Rabu] juga ada yang memasang, tapi tidak sebanyak ini," kata Sri, ditemui SuaraJogja.id di kediamannya, Kamis (26/3/2020).

Pihaknya menjelaskan, saking banyaknya karangan bunga, toko kelontong miliknya harus ditutup terlebih dahulu.

"Sebenarnya sudah saya tegur jangan sampai menutup halaman toko, tapi memang sepanjang jalan penuh, akhirnya mereka menempatkan karangan bunga di depan toko saya. Mau tidak mau harus saya tutup dulu," jelas dia.

Pantauan SuaraJogja.id, dari selatan Jalan Letjen Suprapto hingga ke utara simpang lima APILL dipenuhi ucapan belasungkawa. Di depan Graha Saba Buana ratusan karangan bunga memenuhi badan jalan setempat.

Sejumlah aparat TNI-Polri berjaga-jaga di depan gang masuk rumah duka. Polisi juga membatasi akses pengendara yang akan masuk ke jalan Letjen Suprapto dari arah selatan ke utara.

Mulai dari Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, dan sejumlah instansi serta pejabat lain, mereka mengirimkan ucapan belasungkawa.

Tak hanya karangan bunga, sejumlah pejabat juga terlihat hadir ke Kota Bengawan. Sekitar pukul 08.10 WIB, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terlihat hadir ke rumah duka di Sumber, Banjarsari, Solo.

Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo, mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Tentara Slamet Riyadi atau RS DKT Solo, Rabu (25/3/2020) pukul 16.45 WIB. Dalam konferensi pers yang digelar di rumah duka Jalan Pleret Raya nomor 9A, Sumber, Banjarsari, Solo, Jokowi mengatakan, ibunya sudah empat tahun menderita kanker. Staf Khusus Presiden Dini Shanti Purwono juga mengatakan, ibunda Jokowi sudah menderita sakit kanker tenggorokan sejak lama.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS