Mistis dan Angker 3 Kuburan di Pertigaan Pasar Kliwon Solo

Pebriansyah Ariefana
Mistis dan Angker 3 Kuburan di Pertigaan Pasar Kliwon Solo
Keraton Solo. [Solopos]

Sebagian orang menilai makam itu angker dan menyimpan kisah mistis.

SuaraJawaTengah.id - Ada 3 makam berjejer tanpa nisan dan nama di pertigaan Baluwarti, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah. Sebagian orang menilai makam itu angker dan menyimpan kisah mistis.

Tiga makam kecil tanpa nama ini ada di jalan kampung di sekitar Keraton Solo. Makam ini ternyata milik bayi yang tenggelam. Makam tersebut terletak di sudut barat laut Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo.

Jika masuk dari pintu kecil Baluwarti sisi barat, makam itu terlihat di pertigaan jalan kampung. Warga sekitar menyebut makam itu berusia sekitar 100 tahun.

Meski tidak ada nama yang tertulis di pusara tersebut, warga sekitar ternyata tahu siapa bayi yang dimakamkan di sana. Ketiganya bernama Nggoro Kasih, Den Bagus Kintir, dan Mbok Roro Setu. Ketiga bayi tersebut meninggal dunia karena hanyut di sungai. Cerita itu didapat Wulastri dari ayahnya, Cokrodipuro.

Ada warga mengaku pernah diboncengi sosok tak dikenal dan dibuntuti saat mengendarai mobil di sekitar makam itu.

Bila tidak kulonuwun atau permisi saat melintasi kawasan itu bisa saja mendapat gangguan. Seperti diungkapkan Bambang Ary Pradotonagoro, yang dibesarkan di Kampung Hordenasan, Baluwarti yang terletak di sisi selatan dari kawasan yang terdapat makam itu.

Laki-laki yang kini menjadi advokat itu mengaku pernah diganggu sosok tak kasat mata saat melintas dekat tiga makam tersebut ketika masih duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP).

Saat itu dia melintas dekat tiga makam tanapa nama di Solo itu ketika akan pulang ke rumah.

“Saya mengalami sendiri, numpak motor tahu-tahu motore abot banget. Itu zaman saya masih SMP. Jadi saat itu saya pulang malam sehabis main di rumah teman. Saat itu motor saya Honda C70. Pas lewat rumangsaku abot banget rasane,” aku dia, Minggu (5/7/2020).

Lantaran penasaran karena tiba-tiba laju sepeda motornya melambat, Bambang pun menoleh ke arah belakang. Dia pun kaget bukan kepalang lantaran ada sesosok perempuan yang duduk di jok bagian belakang. Tapi sosok tersebut tidak terlihat jelas.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS