alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Di Wilayah Jawa Tengah Diprediksi akan Terjadi Curah Hujan yang Tinggi

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 23 Oktober 2020 | 16:43 WIB

Di Wilayah Jawa Tengah Diprediksi akan Terjadi Curah Hujan yang Tinggi
Ilustrasi Hujan. (Pixabay)

Masyarakat diimbau waspada terjadinya potensi hujan lebat dan cuaca ekstrim yang berdampak pada bencana

SuaraJawaTengah.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jateng memprediksi hujan probabilistik curah hujan dasarian III Oktober 2020.

Sejumlah daerah diprediksi akan mengalami curah hujan tinggi diatas 150 mm/dasarian dan masuk kategori waspada.

Adapun prediksi curah hujan tinggi tersebut akan terjadi di Selomero, Wonosobo, Mojotengah, Kertek, Kalikajar, Sapuran, Kepil, Kaliwiro, Wadaslintang, Leksono, Kabupaten Wonosobo. Kemudian Kledung, Tlogomulyo dan Selopampang, Kabupaten Temanggung. Kajoran, Kaliangkrik, Windusari, Salaman, Tempuran, Kabupaten Magelang. Bruno, Gebang dan Bener, Kabupaten Purworejo.

Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Semarang, Iis W Harmoko mengatakan, sebagian wilayah Jateng pada umumnya memiliki curah hujan dengan kriteria menengah (101-150 mm).

"Untuk prakiraan probabilistik curah hujan dasarian III Oktober curah hujan dengan kriteria sangan tinggi belum berpotensi," kata Iis dilansir dari Ayosemarang.com, Jumat (23/10/2020). 

Meski demikian, pihaknya tetap mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap potensi hujan lebat dan cuaca ekstrim yang berdampak pada bencana hidrometeorologi seperti angin puting beliung, petir, dan banjir bandang.

"Masyarakat juga bisa mengupdate informasi dari kanal BMKG yang ada untuk mendapatkan informasi terkait iklim dan cuaca," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait