alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cegah Penularan Covid-19, Wartawan Magelang Jalani Swab Test

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 27 November 2020 | 17:12 WIB

Cegah Penularan Covid-19, Wartawan Magelang Jalani Swab Test
Mengantisipasi penyebaran Covid-19, wartawan Kabupaten Magelang menjalani swab test di Puskesmas Borobudur, Jumat (27/11/2020). (SuaraJawaTengah.id/ Angga Haksoro Ardhi).

Swab test dilakukan karena mobilitas wartawan yang tinggi dan sering bertemu dengan banyak narasumber."

SuaraJawaTengah.id - Sebanyak 12 wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Magelang menjalani swab test di Puskesmas Borobudur, Jumat (27/11/2020). Langkah ini sebagai tindakan pencegahan penyebaran Covid-19.

Alasan kegiatan yang difasilitasi Pemkab Magelang melalui Satgas Penanganan Covid-19 ini, salah satunya karena profesi wartawan rentan terpapar virus Corona.

“Swab test dilakukan karena mobilitas wartawan yang tinggi dan sering bertemu dengan banyak narasumber dari berbagai kalangan,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Menurut Ketua PWI Kabupaten Magelang, Y Bagyo Harsono, swab test ini merupakan langkah antisipasi dalam menjaga kesehatan para wartawan terutama dari penularan Covid-19.

Baca Juga: Perkuat Program Jogo Tonggo, Wali Kota Magelang Bagikan 182 Paket Sembako

“Apalagi ada salah satu nara sumber yang sering ditemui wartawan positif Covid-19. Swab ini sebagai langkah antisipasi saja,” ujar Bagyo.

Dalam kesempatan ini, PWI Magelang juga mengklarifikasi informasi yang menyebut belasan wartawan Magelang positif Covid-19. Dalam pesan yang tersebar melalui WhatsApp group itu disebutkan, salah satu wartawan media cetak nasional yang bertugas di Tegal dinyatakan positif Covid.

Wartawan tersebut baru saja pulang dari tugas membantu liputan antisipasi erupsi Merapi di Kabupaten Magelang. Dalam pesan itu disebutkan, ada 14 wartawan lainnya yang ditemukan positif Covid.

Bagyo menegaskan, hingga saat ini tidak ada satupun wartawan Magelang yang dinyatakan positif Covid-19. Setelah liputan kunjungan Kepala BNPB ke Magelang pada 20 November 2020, para wartawan masih melaksanakan tugas seperti biasa. “Hari ini teman-teman melaksanakan swab test karena kesadaran sendiri.”

Para wartawan dianjurkan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan melakukan jaga jarak. “Hasil swab ini akan diketahui (hasilnya) 3 hingga 1 minggu lagi,” ujar Bagyo.

Baca Juga: Cegah Covid-19, Satpol PP Diminta Gelar Operasi Yustisi di Perkantoran

Kontributor: Angga Haksoro Ardhi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait