alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cek Fakta: Ruqyah Bisa Menjadi Obat Covid-19, Benarkah Demikian?

Budi Arista Romadhoni Selasa, 01 Desember 2020 | 10:04 WIB

Cek Fakta: Ruqyah Bisa Menjadi Obat Covid-19, Benarkah Demikian?
Ilustrasi berdoa (Unsplash)

Ada pemahaman ruqyah bisa menjadi obat Covid-19

SuaraJawaTengah.id - Terdapat pemahaman bahwa kegiatan ruqyah (rukyah) bisa menjadi obat beragam penyakit, dari penyakit yang rohani maupun penyakit kronis. 

Ada juga yang beranggapan, ruqyah juga bisa menjadi obat Covid-19 yang disebabkan virus Corona SARS-Cov2. Benarkah demikian?

Ilustrasi berdoa, shalat, ibadah. [Shutterstock]
Ilustrasi berdoa, shalat, ibadah. [Shutterstock]

Dilansir dari Solopos.com jaringan media Suara.com, Klaim penyembuhan penyakit dengan ruqyah itu menjadi pertanyaan. Padahal secara medis sampai saat ini belum ditemukan obat maupun vaksin yang ampuh menangkal Covid-19. 

Klaim itu disampaikan oleh situs problematikaumat.com. Situs itu menyajikan informasi tentang pandangan atas permasalahan umat Islam dengan sistem tanya jawab.

Baca Juga: Ratusan Cerpelai Kabur Terinfeksi Corona dan Berita Hits Health Lainnya

Dalam unggahan yang dibuat pada 6 April 2020, situs ini menyebutkanruqyah bisa menjadi obat virus corona. Tulisan itu diunggah oleh Abu Ismail Rijal. Redaksi situs itu menerima sebuah pertanyaan dari pembaca.

“Di tengah kesibukan masyarakat dunia berlomba mencari vaksin Covid-19 atau obat yng paling sesuai untuk mengobati covid-19, Avigant atau lainnya, terbersit pertanyaan apakah Al Qur’an bisa menjadi obat untuk penderita Corona?” tanya pembaca.

Sementara itu, redaksi problematikaumat.com, lalu menjawab. “Dengan penuh keyakinan kita Katakan: Al Qur’an adalah obat semua penyakit. Baik penyakit hati atau penyakit badan, termasuk virus Corona biidznillah.”

Situs itu menjelaskan pengobatan menggunakan Al Qur’an untuk Covid-19 dilakukan dengan ruqyah yakni meniup dengan sedikit percikan ludah ketika ruqyah. Hal ini sesuai dengan hadits riwayat Al-Bukhari no. 5749, kitab Ath-Thibb, bab An-Nafats fir Ruqyah.

Ruqyah untuk Covid-19 dilakukan dengan mengambil faedah surat Al-Fatihah yang mustahab untuk dibacakan kepada orang yang disengat binatang berbisa dan orang sakit.

Baca Juga: PB IDI Sarankan Pemerintah Hapus Cuti Bersama Akhir Tahun, Ini Alasannya

Cek Fakta

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait