alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Banjir Bandang di Banyumas, Mobil Milik Warga Nyaris Terbawa Arus

Chandra Iswinarno Kamis, 28 Januari 2021 | 07:55 WIB

Banjir Bandang di Banyumas, Mobil Milik Warga Nyaris Terbawa Arus
Salah satu mobil milik warga di Desa Pandansari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas terrendam banjir bandang yang terjadi pada Rabu (27/1/2021) sore. [Tangkapan layar akun Youtube Traktor Jawir]

Setelah hujan deras yang terjadi di Kabupaten Banyumas, banjir bandang melanda kawasan Desa Pandansari Kecamatan Ajibarang pada Rabu (27/1/2021) sore.

SuaraJawaTengah.id - Setelah hujan deras yang terjadi di Kabupaten Banyumas, banjir bandang melanda kawasan Desa Pandansari Kecamatan Ajibarang pada Rabu (27/1/2021) sore. Kejadian tersebut kemudian diunggah di beberapa media sosial (medsos).

Dalam unggahan di akun Youtube Traktor Jawir, nampak beberapa mobil terrendam air bah yang arusnya cukup deras. Sang pengunggah pun memberikan keterangan penyebab banjir yang melanda wilayah tersebut.

"Desa Pandansari Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Di sini terjadi banjir penyumbatan di Kali Paruk di jembatan penghubung Kutawera dan Kanoman, tepatnya di RW 06 RT 04. Kie-kie bahaya kie... kie bahaya," sebut sang perekam.

Arus yang cukup deras membuat warga berhati-hati, lantaran ketinggian air sekitar satu meter. Hingga malam hari, arus sungai tenang kembali. Namun batang-batang bambu yang menutupi aliran sungai belum bisa diambil, karena jumlahnya yang cukup banyak di bawah jembatan.

Baca Juga: Detik-detik Banjir Landa Banyumas, Tenggelamkan Mobil Warga

Sementara itu, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Raditya Jati menemukakan, banjir terjadi usai hujan berintensitas tinggi pada pagi hari mengguyur wilayah Banyumas.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas melaporkan telah menurunkan personel untuk melakukan pendataan terkait kemungkinan adanya korban jiwa dan jumlah rumah warga yang terdampak," katanya.

BPBD Kabupaten Banyumas telah berkoordinasi untuk melakukan evakuasi dan membersihkan lokasi terdampak banjir.

Dia mengemukakan, Kabupaten Banyumas risiko banjir di Banyumas berada di tingkat sedang hingga tinggi. Pernyataan tersebut mengutip kajian risiko InaRisk.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan Kabupaten Banyumas berpotensi mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Baca Juga: Peduli Sesama, Deltalube Kunjungi Korban Banjir Bandang di Puncak Bogor

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait