alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Sikat Gigi?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni Minggu, 07 Maret 2021 | 20:15 WIB

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Sikat Gigi?
Ilustrasi mengajarkan sikat gigi dengan benar pada anak. (Shutterstock)

Sikat gigi yang Anda gunakan bisa robek atau aus sehingga bisa memengaruhi atau menghilangkan keefektifannya membersihkan gigi dan mulut.

SuaraJawaTengah.id - Untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi, disarankan untuk rutin sikat gigi minimal 2 kali sehari. Namun di sisi lain, Anda juga perlu rutin mengganti sikat gigi.

Karena bisa menjadi sarang menumpuknya kuman, Anda harus memastikan bulu sikat gigi dalam kondisi baik sebagai kunci kebersihan gigi. Baik jika Anda menggunakan sikat gigi manual maupun sikat gigi elektrik.

Oral B merekomendasikan semua orang untuk mengganti sikat giginya setiap 3 bulan sekali. Sedangkan, American Dental Association (ADA) merekomendasikan semua orang untuk mengganti sikat gigi setiap 3 sampai 4 bulan atau lebih cepat jika bulunya sudah rusak.

Karena dilansir dari Express, bulu sikat gigi yang Anda gunakan bisa robek atau aus sehingga bisa memengaruhi atau menghilangkan keefektifannya membersihkan gigi dan mulut.

Baca Juga: Selain 3M, Ahli Sarankan Disinfeksi Sikat Gigi untuk Cegah Virus Corona

Ilustrasi sikat gigi anak-anak. (Shutterstock)
Ilustrasi sikat gigi anak-anak. (Shutterstock)

Penelitian klinis pun menunjukkan bahwa sikat gigi baru bisa menghilangkan lebih banyak plak daripada sikat gigi yang sudah aus. Jadi, pastikan sikat gigi Anda bekerja efektif membersihkan gigi dan mulut.

Banyak dokter gigi juga akan menyarankan mengganti sikat gigi setiap 3 bulan atau ketika sikat gigi mulai aus. Jadi, lakukan pilihan mana pun yang lebih dulu terjadi.

Penelitian juga menunjukkan bahwa sikat gigi kurang efektif membersihkan plak setelah 3 bulan pemakaian. Sedangkan, tidak menyikat gigi dengan benar bia memengaruhi keausan sikat gigi dan membuat gigi lebih mudah terluka.

Tanda-tanda sikat gigi harus mulai ganti

Anda bisa memperhatikan bila bulu sikat gigi mulai berjarak atau terentang dan berubah warna, artinya sikat gigi harus diganti.

Baca Juga: Alamak, Sebatang Sikat Gigi Mengandung 100 Juta Bakteri!

Anda juga harus mengganti sikat gigi setelah menderita suatu penyakit. Jika Anda baru saja terserang flu atau virus corona, Anda harus segera mengganti sikat gigi yang baru setelah sembuh untuk mencegah infeksi ulang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait