Keikhlasan Afuk Tempuh Ratusan Kilometer Kembalikan Dompet Diapresiasi PMI

Chandra Iswinarno
Keikhlasan Afuk Tempuh Ratusan Kilometer Kembalikan Dompet Diapresiasi PMI
Afuk (kedua dari kiri) menerima tali asih dari PMI dan donatur, Jumat (27/9/2019). [Suara.com/Ari Purnomo]

bentuk apresiasi yang diberikan kepada Afuk berupa handphone, sepeda gunung serta tabungan dari bang Nobu senilai Rp 500 ribu.

Suara.com - Keikhlasan seorang Tan Le Hok, akrab disapa Afuk (50), mengembalikan dompet yang ditemukannya memantik simpatik dari banyak pihak. Salah satunya Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kota Surakarta, Jawa Tengah (Jateng).

Sebagai apresiasi atas sikap Afuk, PMI bersama sejumlah donatur memberikan tali asih kepada pria yang tinggal di Purwopuran, Purwodiningratan, Jebres, Solo.

Bantuan yang diberikan berupa handphone, sepeda gunung serta tabungan dari Bank Nobu senilai Rp 500 ribu.

CEO PMI Kota Surakarta Sumartono Hadinoto menyampaikan telah mendengar yang dilakukan Afuk dan merasa bahwa keikhlasan yang dilakukannya sangat menginspirasi.

"Apa yang dilakukan oleh Pak Afuk bisa memotivasi semua bidang. Seperti bidang kesehatan, wakil rakyat, pengambil kebijakan, sehingga Indonesia bisa lebih sejahtera," kata Sumartono kepada Suara.com usai menyerahkan tali asih di kantor PMI Solo, Jumat (27/9/2019).

PMI, lanjut Sumartono, sangat mengapresiasi sikap ikhlas Afuk yang rela menolong orang lain tanpa memandang siapa yang ditolong. Apa yang dilakukan Afuk bisa menjadi contoh dan menumbuhkan rasa kepedulian tinggi.

“Saya juga berharap apa yang dilakukan Afuk semakin banyak orang tau, sehingga bisa menginspirasi orang lain untuk peduli pada sesama tanpa dibatasi apapun”ujarnya.

Sementara itu, Afuk menyampaikan rasa terima kasih kepada PMI dan para donatur. Menurutnya, apa yang dilakukannya tersebut tanpa mengharap imbalan atau balasan.

"Saya ikhlas dalam melakukan perbuatan atau kebaikan. Saya tidak mengharapkan imbalan atau balasan, semuanya saya lakukan dengan tulus," ungkapnya.

Afuk menambahkan, selama ini dirinya sudah mengembalikan lebih kurang lima dompet yang ditemukannya.

"Sejak kecil saya memang dididik oleh orang tua saya untuk selalu berbuat baik kepada setiap orang. Dan sampai sekarang pun saya selalu menjalankan apa yang diajarkan oleh orang tua saya," tandasnya.

Sekadar diketahui, nama Afuk mulai dikenal publik ketika dirinya mengembalikan dompet yang ditemukannya. Tidak tanggung-tanggung, dompet yang dikembalikan itu merupakan milik warga Pasuruan, Jawa Timur. Dan Afuk mengembalikan dompet berisi STNK dan KTP itu dengan mengendarai sepeda ontel.

Kontributor : Ari Purnomo

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS