alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Terbaru, Akibat Gempa 709 Orang Luka dan 19 Orang Tewas di Turki dan Yunani

Muhammad Taufiq Sabtu, 31 Oktober 2020 | 10:55 WIB

Terbaru, Akibat Gempa 709 Orang Luka dan 19 Orang Tewas di Turki dan Yunani
Sejumlah orag berjalan dekat sebuah gedung yang runtuh di Izmir akibat gempa Turki pada Jumat (30/10/2020). [AFP/Demiroren News Agency]

Dilintasi oleh garis-garis patahan utama, Turki berada di antara negara-negara paling sering dilanda gempa di dunia.

SuaraJawaTengah.id - Diperkirakan sebanyak 19 orang tewas dan 709 orang mengalami luka-luka di Turki dan Yunani setelah gempa 7,0 skala richter menguncang Laut Aegean pada Jumat, 30 Oktober 2020.

Gempa ini mengakibatkan sejumlah bangunan runtuh dan mendatangkan gelombang pasang (tsunami) yang menghantam kawasan pantai dan kepulauan.

"Orang-orang berlarian di jalan-jalan dalam kepanikan di Kota Izmir, Turki," kata seorang warga saksi mata kejadian tersebut, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (31/10/2020).

Kepresidenan Manajemen Bencana dan Kedaruratan Turki (AFAD) mengatakan 17 orang meninggal, satu karena tenggelam, sementara 709 orang terluka. Di Pulau Samos, Yunani, dua remaja, seorang anak laki-laki dan seorang anak perempuan ditemukan tewas di satu kawasan tempat sebuah tembok runtuh.

"Otoritas setempat memasang tenda-tenda dengan daya tampung 2.000 orang di kawasan dengan kerusakan terparah," kata Menteri Urbanisasi Turki, Murat Kurum.

Ilke Cide, mahasiswa doktoral yang berada di wilayah Izmi Guzelbahce, Turki, selama gempa Ia mengaku pergi menjauh dari pantai setelah melihat muka air naik menyusul gempa.

"Saya sangat terbiasa dengan gempa. Jadi saya tak menganggapnya terlalu serius pertama-tama tapi kali ini gempa ini benar-benar menakutkan," katanya, menambahkan gempa itu berlangsung selama sekurang-kurangnya 25-30 detik.

Dilintasi oleh garis-garis patahan utama, Turki berada di antara negara-negara paling sering dilanda gempa di dunia.

Lebih dari 17.000 orang tewas pada Agustus 1999 saat gempa bermagnituda 7,6 mengguncang Izmir, kota tenggara Istanbul. Pada 2011, gempa di bagian timur kota Van menewaskan lebih dari 500 orang.

Banjir dan tsunami

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait