alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Heboh! Seperti Salju,Saluran Irigasi di Banyumas Ini Dipenuhi Busa

Budi Arista Romadhoni Rabu, 02 Desember 2020 | 15:56 WIB

Heboh!  Seperti Salju,Saluran Irigasi di Banyumas Ini Dipenuhi Busa
Busa yang muncul di aliran Sungai Desa Sokaraja Kulon, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas. (Istimewa)

Busa yang menumpuk di aliran sungai, tidak berlangsung lama, namun kejadian tersebut kerap terjadi pada pagi dan sore hari

SuaraJawaTengah.id - Warga Desa Sokaraja Kulon, Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas dihebohkan dengan video yang beredar melalui pesan berantai, Rabu (2/12/2020). Dalam video berdurasi 2.19 tersebut menunjukkan busa berwarna putih yang menumpuk hingga menutup air yang mengaliri sungai setempat.

"Ini di depan PMI. Sepanjang alur sungai kecil. Kejadian alam yang sungguh menakjubkan jarang sekali terjadi. Busa-busa ini seperti kabut yang ada di langit. Kalau bisa meringankan tubuh mungkin seperti di atas awan. Ini pas saya tadi lagi gowes, melihat kejadin aneh jadi ini saya mampir. Luar biasa ini," kata seseorang di dalam video yang beredar.

Berdasarkan penelusuran, peristiwa tersebut terjadi di aliran sungai kecil di depan Palang Merah Indonesia (PMI) Sokaraja.

Camat Sokaraja, Drs Lukman Nazarudin, menjelaskan dirinya sudah mendatangi lokasi bersama Forkompincam Sokaraja. Ia juga datang bersama dengan tim dari Dinas Lingkugan Hidup (DLH) Kabupaten Banyumas.

Baca Juga: Uji Coba Sekolah Tatap Muka di Banyumas Dihentikan, Ruang Kelas Ditutup

"Kami sedang mencoba menemukan sumbernya. Tadi dari pihak DLH juga sudah ke lokasi untuk mengambil sampel," katanya saat dikonfirmasi, Rabu (2/12/2020).

Saat muncul, busa yang menumpuk di aliran sungai, tidak berlangsung lama. Namun menurut Lukman kejadian tersebut kerap terjadi pada pagi dan sore hari.

"Saya sudah mendengar kejadian ini sejak setengah bulan lalu. Tapi kemarin memang buih cukup banyak dibanding hari sebelumnya. Karena mungkin itu grujugan jadi buihnya semakin banyak," terangnya.

Pihaknya juga tengah memeriksa CCTV di sekitar lokasi untuk mengetahui kejadian tersebut. Karena menurut Lukman, di daerah sekitar tidak ada tempat industri.

"Kebetulan di depan SMP N 2 Sokaraja yang di selokannya ada buih dan di SMP itu ada CCTVnya jadi kita cek dan pelajari terlebih dahulu CCTVnya," jelasnya.

Baca Juga: Bikin Heboh Warga, Uang Berceceran di Saluran Irigasi dan Sawah

Lukman belum bisa memastikan dari mana awal mula busa tersebut berasal. Namun, dugaan sementara, busa yang muncul berasal dari seseorang yang sengaja membuang limbah di sekitar lokasi.

Baca Juga

18:54 WIB
Banjir di Banyumas Meluas

Banjir di Banyumas Meluas

Cuaca ekstrim dengan curah hujan yang tinggi selama dua hari terakhir di wilayah selatan jateng, memicu bencana longsor, tanah bergerak, banjir bandang, dan banjir

Selengkapnya

Komentar

Berita Terkait