alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Alamak! Gelombang Pemudik Terus Tiba di Pelabuhan Kendal

Ronald Seger Prabowo Selasa, 04 Mei 2021 | 15:03 WIB

Alamak! Gelombang Pemudik Terus Tiba di Pelabuhan Kendal
Petugas melakukan pemeriksaan ketat penumpang KMP Kalibodri yang baru bersandar di Pelabuhan Kendal Selasa 04 Mei 2021 dinihari. [edi prayitno/kontributor kendal]

Ratusan penumpang dari Pulau Kalimantan itu diangkut menggunakan KMP Kalibodri.

SuaraJawaTengah.id - Kabupaten Kendal terus diserbu rombongan pemudik. Salah satunya ratusan pemudik dari Kumai Kalimantan Tengah, yang kembali tiba di Pelabuhan Kendal, Selasa (4/5/2021) dinihari. 

Ratusan penumpang dari Pulau Kalimantan itu diangkut menggunakan KMP Kalibodri. Mereka merupakan yang terakhir dan pemberangkatan berikutnya tidak mengangkut penumpang.

Menurut  Kepala Dishub Kendal, Suharjo menambahkan, pihaknya sudah mendata ada ratusan penumpang KMP Kalibodri yang turun di pelabuhan Kendal dari Kumai, Kalimantan Tengah dalam 4 kali perjalanan.

Akan tetapi, ia memastikan bahwa semua penumpang yang turun di pelabuhan Kendal sudah menjalani prosedur pengecekan kesehatan ketat, sejak di pelabuhan Kumai hingga pelabuhan Kendal.

Baca Juga: Jelang Larangan Mudik, Kasus Aktif Covid-19 di Jakarta Naik

Semua penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan wajib menunjukkan hasil rapid tes antigen yang menunjukkan negatif Covid-19.

"Berdasarkan pendataan dan pemantauan, penumpang kapal yang turun di pelabuhan Kendal kebanyakan dari luar daerah, seperti Wonosobo, Temanggung, Banjarnegara dan daerah lain. Untuk warga Kendal hanya sebagian kecil saja," kata Suharjo dilansir AyoSemarang.com--jaringan Suara.com.

Sementara pergerakan kapal dari Kendal menuju Kumai sudah zero penumpang sejak 22 April lalu. Khusus pada 6-17 Mei mendatang, Suharjo memastikan tidak ada penumpang yang diperbolehkan ikut pada KMP Kalibodri kecuali orang-orang yang masuk dalam pengecualian.

Seperti tenaga medis, sopir atau kernet membawa barang, ASN mendapatkan tugas kedinasan, hingga warga yang hendak menjenguk keluarga yang sakit.

"Nanti tetap kita lakukan pendataan siapa saja penumpang yang kembali ke Kendal. Khusus pada 6-17 Mei, semua non aktif, semua akan ditolak meskipun sudah membawa surat negatif Covid-19. Kecuali yang sudah masuk dalam pengecualian," tegasnya.

Baca Juga: Cegah Pemudik Sebrangi Sungai, Perahu di Citarum Diminta Setop Operasi

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait