alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Melirik Bisnis Bonsai, Laku Hingga Puluhan Juta Rupiah di Magelang

Ronald Seger Prabowo Senin, 31 Mei 2021 | 18:39 WIB

Melirik Bisnis Bonsai, Laku Hingga Puluhan Juta Rupiah di Magelang
Pameran dan Kontes Bonsai Songo Doyo, di Balkondes Tuksongo, Borobudur, Senin (31/5/2021). [Suara.com/ Angga Haksoro Ardhi]

Dalam sebuah pameran bonsai di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, akhir Februari lalu bonsai pemenang kontes diboyong pembeli seharga Rp500 juta.

SuaraJawaTengah.id - Tidak seluruh sektor perekonomian ambruk digulung pandemi Covid-19. Bisnis tanaman hias dan bonsai justru menunjukan sinyal positif.

Iwan Widiatmoko, pemilik usaha tanaman hias dan bonsai, Kebonsae Borobudur mengatakan, bisnis bonsai justru jadi penolong ekonomi keluarganya di masa pandemi.

Di saat omzet jenis usaha lainnya turun, penjualan bonsai justru naik sekitar 50 persen. “Di situasi pandemi, bisnis bonsai malah jadi penolong,” kata Iwan saat ditemui pada Pameran dan Kontes Bonsai Songo Doyo, di Balkondes Tuksongo, Borobudur, Senin (31/5/2021).

Menurut Iwan harga jual bonsai cenderung stabil. Bahkan jika dirawat serius, bonsai kualitas bagus bisa laku dijual dengan harga fantastis.

Baca Juga: Pariwisata Masih Sepi, Puluhan Kuda di Resor Ternama Bangladesh Mati Kelaparan

Dalam sebuah pameran bonsai di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, akhir Februari lalu bonsai pemenang kontes diboyong pembeli seharga Rp500 juta.

“Ternyata beberapa minggu setelah masa pandemi mulai, peminat bonsai kok malah naik. Jumlahnya penjualannya memang tidak signifikan seperti daun-daunan hias, tapi ada kenaikan,” ujar Iwan.

Dia menduga, banyak orang jenuh berada di rumah selama masa lock down maupun pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Mereka yang bekerja dari rumah (WFH) memiliki banyak waktu senggang sehingga membutuhkan kesibukan.

“Kemungkinan karena jenuh di rumah. Banyak yang bekerja di rumah. Waktu pandemi kan banyak di rumah, jadi ngurusi bonsai lagi," tuturnya.

Iwan enggan memberikan bocoran berapa harga tawaran tertinggi bonsai yang dipamerkan pada Kontes Bonsai Songo Doyo kali ini. “Soal harga biasanya jadi privasi pemiliknya. Tapi saya menaksir disini ada yang mencapai puluhan juta rupiah,” kata Iwan.

Baca Juga: Imbas Pandemi Covid-19, Ratusan SD dan SMP di Kabupaten Probolinggo Tanpa Kepala Sekolah

Harga jual bonsai yang bisa menyentuh angka fantastis karena proses perawatannya membutuhkan waktu lama. Paling cepat dibutuhkan merawat bonsai 4 sampai 5 tahun untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait