alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dicari Saat Pandemi, Ini Mitos Tentang Keaslian Madu

Budi Arista Romadhoni Rabu, 22 September 2021 | 07:36 WIB

Dicari Saat Pandemi, Ini Mitos Tentang Keaslian Madu
Ilustrasi Madu. Tentang keaslian madu, sebagian orang memiliki pemahaman yang berbeda, namun hal ternyata banyak yang salah kaprah (fancycrave1)

Tentang keaslian madu, sebagian orang memiliki pemahaman yang berbeda, namun hal ternyata banyak yang salah kaprah

SuaraJawaTengah.id - Madu kini menjadi konsumsi wajib setiap orang. Di tengah pandemi, madu menjadi suplemen alternatif yang alami. 

Meskipun demikian, sebagian masyarakat masih kesulitan dalam memilih madu yang sesuai mengingat banyaknya informasi kurang tepat mengenai keaslian madu yang beredar.

Pemilik dan Komisaris Kembang Joyo Group Dewi Masyithoh, produsen produk perlebahan Indonesia, mengatakan bahwa kandungan dan manfaat dari madu asli dan madu palsu berbeda.

Jika madu asli kaya akan manfaat, madu palsu bisa menyebabkan berbagai penyakit yang membahayakan tubuh seperti diabetes dan kencing manis.

Baca Juga: Gagal Cantik, Outfit Bulan Madu Wanita Ini Malah Mengembang Mirip Balon

Dikutip dari ANTARA, Rabu (22/9/2021) berikut fakta-fakta di balik empat mitos mengenai keaslian madu. 

Madu asli tidak akan berubah warna

Dewi mengatakan, perubahan warna pada madu adalah hal yang biasa yang disebabkan reaksi Maillard atau reaksi pencoklatan non enzimatis yang justru bisa meningkatkan kadar antioksidan dalam madu. Antioksidan bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas yang bisa memicu serangan jantung, kanker, katarak, dan menurunnya fungsi ginjal.

“Dengan begitu bisa dipastikan bahwa mitos mengenai madu asli tidak akan berubah warna adalah salah,” katanya.

Madu asli tidak disukai semut

Baca Juga: Ngakak! Gagal Cantik saat Bulan Madu, Outfit Wanita Ini Malah Berubah Mirip Balon

Mitos yang satu ini juga tidaklah tepat. Faktanya, kesukaan semut akan madu sangat bergantung dengan berbagai hal seperti umur madu, kandungan karbohidrat, hingga jenis semut yang ada di area sekitar madu.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait