alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mi Ongklok dan Carica, Kuliner Wonosobo yang Meraih Penghargaan dari Kemenparekraf

Ronald Seger Prabowo Rabu, 01 Desember 2021 | 15:54 WIB

Mi Ongklok dan Carica, Kuliner Wonosobo yang Meraih Penghargaan dari Kemenparekraf
Mie Ongklok Bu Umi. [Instagram Wonosobo Foodies]

Mi ongklok adalah kuliner berbahan dasar mi rebus khas kota Wonosobo

SuaraJawaTengah.id - Mi ongklok dan Carica adalah kuliner khas Kabupaten Wonosobo, yang memiliki citarasa yang unik.

Tak ayal, kedua kuliner tersebut berhasil menyabet predikat Kabupaten Kreatif 2021 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Mi ongklok adalah kuliner berbahan dasar mi rebus khas kota Wonosobo. Mi rebus ini dibuat dengan menggunakan kol, potongan daun kucai.

Mi tersebut kemudian disiram kuah kental dari tepung kanji yang disebut loh. Mi ini banyak dijajakan di berbagai warung, rumah makan, maupun dijajakan keliling memakai gerobak di kota tersebut. 

Baca Juga: 4 Makanan Khas Jawa yang Punya Rasa Istimewa, Nyesel Kalau Belum Pernah Cicip

Sementara carica sering disebut juga sebagai pepaya gunung karena bentuk pohon dan buahnya yang sangat menyerupai pepaya. Hanya saja ukuran buahnya lebih kecil dan batang pohonnya bisa bercabang.

Buah yang hanya bisa hidup di dataran tinggi 1.500-3.000 meter di atas permukaan laut itu memiliki cita rasa asam dan aroma wangi yang khas. Daging buahnya dipercaya baik bagi kesehatan pencernaan.

Ilustrasi buah carica. (steemit.com)
Ilustrasi buah carica. (steemit.com)

Carica tersebut kemudian dibuat manisan segar dalam kemasan cup yang biasa menjadi oleh oleh khas ketika berkunjung ke kota Wonosobo.

Berkat dua kuliner tersebut, Pemerintah Kabupaten Wonosobo menerima penghargaan prestisius skala Nasional pada ajang Puncak Penetapan Kabupaten/Kota (KATA) Kreatif Tahun 2021 yang digelar di Swissbellroom Samarinda Kalimantan Timur, Selasa (30/11/2021).

Wakil Bupati, Muhamad Albar yang menerima anugerah KATA Kreatif langsung dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno mengaku bersyukur dan bangga upaya dan kerja keras Pemkab Wonosobo mengembangkan ekonomi kreatif, khususnya pada sub sektor kuliner Carica dan Mie Ongklok, mendapat apresiasi dari Pemerintah pusat.

Baca Juga: Jangan Lupakan 5 Jajanan Khas Ini Saat Traveling ke Bandung

Melalui Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Agus Wibowo yang turut mendampingi, Wabup menyebut kunci utama keberhasilan pada ajang KATA Kreatif ada pada kolaborasi antar elemen ekraf yang terdiri dari 5 unsur ABCGM.

“Upaya kolaboratif antara elemen ABCGM, atau Academic Bussines Community Government and Media ini menjadi kunci pokok pencapaian dan keberlanjutan pengembangan ekonomi Kreatif di Wonosobo,” tutur Agus ketika dihubungi melalui sambungan telpon seusai penerimaan penghargaan. 

Rantai proses ekonomi kreatif yang meliputi proses kreasi, produksi, distribusi, konsumsi dan konservasi, diakuinya sangat membutuhkan upaya kolaborasi antar stakeholders.

Setelah diterimanya anugerah Kata Kreatif, Agus menyebut pihaknya akan berupaya menggandeng para pelaku Ekraf untuk bergandeng tangan dan berkolaborasi untuk mewujudkan Wonosobo Maer, sekaligus menyambut ajakan Kementerian Parekraf RI yang ingin mendorong terwujudnya gerakan 3G. 

Gerakan 3G, atau Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama) dan Gas Pol (Garap potensi Lokal), menurut Agus merupakan implementasi dari program pengembangan KaTa Kreatif untuk menggali, memanfaatkan, menumbuh kembangkan, mengelola, dan mengkonservasi kreativitas serta memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, dan budaya untuk mengembangkan potensi lokal.

Pada ajang KATA Kreatif Tahun 2021, Agus  menyebut Kementerian Parekraf RI menetapkan 11 kabupaten kota kreatif se Indonesia. Kabupaten Wonosobo ditetapkan sebagai KaTa Kreatif 2021 pada sub sektor Kuliner.

"Dua kuliner unggulan Wonosobo yaitu Carica dan Mie Ongklok merupakan ikon wisata kuliner Wonosobodan dengan diterimanya penghargaan ini, kami berharap akan menarik sub sector-sub sector ekraf lainnya untuk berkembang,” tandasnya.

Kontributor : Citra Ningsih

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait