facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kerap Bikin Gaduh, Habib Kribo Marah Besar dan Minta Habib Bahar Pulang ke Yaman

Ronald Seger Prabowo Senin, 03 Januari 2022 | 07:49 WIB

Kerap Bikin Gaduh, Habib Kribo Marah Besar dan Minta Habib Bahar Pulang ke Yaman
Habib Bahar bin Smith saat ditemui di kediamannya di Bogor, Kamis (23/12/2021).[SuaraBogor/Devina]

Habib yang kerap dipanggil dengan sebutan Habib Gondrong ini marah besar dengan perilaku Habib Bahar.

SuaraJawaTengah.id - Selepas bebas dari penjara, Habib Bahar bin Smith nampak tak berubah. Ia masih kerap menyampaikan ceramah yang berisikan ujaran kebencian. 

Terbaru ceramahnya yang sangat kontroversi yakni ketika Jenderal Dudung dihina dengan sebutan Jenderal Baliho di hadapan para jemaah. 

Alhasil, ceramah Habib Bahar tersebut mengundang kritikan publik. Tak sedikit dari publik yang geram dan menilai Habib Bahar telah merendahkan sosok Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad). 

Rupanya kontroversi yang dilakukan Habib Bahar tersebut ditanggapi serius oleh Habib Zein Assegaf. Habib yang kerap dipanggil dengan sebutan Habib Kribo ini marah besar dengan perilaku Habib Bahar. 

Baca Juga: Kediaman Habib Bahar Didatangi Danrem, Kuasa Hukum Sebut Wewenang Polri Bukan TNI

Ia pun mewakili kalangan Habib meminta maaf kepada masyarakat Indonesia karena Habib Bahar sering membuat gaduh lewat ceramahnya yang provokatif. 

"Sebelum saya berbicara panjang lebar, saya minta maaf kepada seluruh bangsa Indonesia terutama NU dan Muhammadiyah. Karena ada segelintir Habib ini Bahar dan Rizieq yang sering membuat gaduh di negeri ini," buka Habib Gondrong melalui unggahan video di kanal YouTube Padasuka TV. 

Habib Gondrong ini kemudian menyentil cara berpikir Habib Bahar dalam beragama. Seharusnya sebagai seorang ulama, Habib Bahar harusnya menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi. 

"Dia (Habib Bahar) sering kali ngomong saya jihad untuk agama. Saya rasa cara berpikir Habib Bahar dan kelompoknya ini merasa kalau Tuhan hanya milik mereka yang lainnya sesat," imbuhnya. 

"Contohnya ketika Habib Bahar tak terima dan menyalahkan perkataan pak Dudung. Karena pak Dudung itu bukan kiai, jadi tidak boleh bicara agama. Padahal perkataan pak Dudung itu benar, Tuhan bukan orang Arab dan Tuhan bukan Habib,'' sambungnya. 

Baca Juga: Paket Mengerikan Dikirim ke Ponpes Habib Bahar, Pakar Ungkap soal Pesan Maut

Selain itu, Habib Gondrong juga kesal dengan pernyataan Habib Bahar yang menyebut negara tidak Islami. Lantaran pemerintah saat itu tidak mengizinkan acara maulid nabi. 

"Saya ada video kecilnya Habib Bahar petentangan-petengteng. Katanya negara melarang maulid nabi dan menganggap negara ini tidak Islami. Ini negara lagi ada Covid-19, kok ada kumpul-kumpul dan anda teriak-teriak atas nama maulid nabi tapi isinya caci maki dan hujat menghujat," kesalnya. 

Kemarahan Habib Gondrong tak sampai disitu saja. Ia juga turut menyoroti sikap Habib Bahar yang melawan saat dinasehati Brigjen Achmad Fauzi untuk berhenti menyampaikan ceramah provokatif. 

Maka dari itu, jika Habib Bahar tak mau menuruti dan patuh terhadap aturan negara. Habib Gondrong meminta Habib Bahar segera pergi dan pulang ke Yaman. 

"Kalau anda tidak suka negeri ini, keluar dari Indonesia. Pulang ke kampung halaman anda di Yaman. Ini negeri punya aturan. Begitu sopannya TNI pada anda. Dia malah petentangan-petengteng bawa nama Habib,  keluar anda dari Indonesia," tegasnya. 

"Saya minta TNI dan Polri jangan diam, saya Habib mengutuk keras sikap Bahar dan Rizieq yang selalu buat onar. Bisa bahaya untuk negeri ini," tandasnya.

Kontributor : Fitroh Nurikhsan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait