facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jumlah Penerima BLT Buruh Rokok di Kabupaten Kudus Ditambah, 100 Ribu Orang akan Terima Bantuan Pemerintah

Budi Arista Romadhoni Sabtu, 29 Januari 2022 | 06:10 WIB

Jumlah Penerima BLT Buruh Rokok di Kabupaten Kudus Ditambah, 100 Ribu Orang akan Terima Bantuan Pemerintah
Ilustrasi rokok. Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mencatat jumlah pekerja rokok yang nantinya menerima bantuan langsung tunai (BLT) buruh rokok bakal bertambah menyusul adanya tambahan nama buruh rokok dari perusahaan rokok yang sebelumnya belum menyetorkan nama pegawainya. [Dok]

Pemerintah Kabupaten Kudus, mencatat jumlah pekerja rokok yang nantinya menerima bantuan langsung tunai (BLT) buruh rokok bakal bertambah

SuaraJawaTengah.id - Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mencatat jumlah pekerja rokok yang nantinya menerima bantuan langsung tunai (BLT) buruh rokok bakal bertambah menyusul adanya tambahan nama buruh rokok dari perusahaan rokok yang sebelumnya belum menyetorkan nama pegawainya.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati.

"Pada tahun 2021, tercatat baru 61 perusahaan rokok yang menyetorkan nama pekerjanya, sedangkan jumlah pabrik rokok di Kudus mencapai 75 pabrik," kata di Kudus, Jumat (28/1/2022).

Sementara tahun 2022, kata dia, sebanyak 14 perusahaan rokok yang tahun lalu belum menyetorkan nama pekerjanya, kini sudah menyetorkan semuanya.

Baca Juga: Kantor BRI Unit Pasar Kliwon Kudus Dilahap Si Jago Merah

Kini daftar nama buruh rokok dari 14 perusahaan rokok tersebut tengah diverifikasi, terutama tempat tinggalnya serta status kepegawaiannya saat ini bersama pekerja lain yang sebelumnya menerima BLT tetap diverifikasi ulang.

Pada tahun lalu, kata dia, memang ditemukan ada pekerja yang meninggal dunia, pindah alamat ke luar kota, ada yang berhenti pekerja, nama dobel serta nomor induk kependudukan (NIK) tidak jelas.

"Bagi pekerja rokok yang berasal dari luar Kudus, maka akan diusulkan mendapatkan BLT dari Provinsi Jateng. Sedangkan warga Kudus diusulkan mendapatkan BLT dari APBD Kudus yang sumber dananya dari dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau (DBHCHT)," ujarnya.

Jumlah buruh rokok yang sebelumnya mendapatkan BLT buruh rokok periode November dan Desember 2021 sebanyak 63.186 pekerja. Sedangkan yang mendapatkan BLT dari APBD Kudus sebanyak 38.186 orang selebihnya dari Pemprov Jateng.

Anggaran yang disediakan tahun lalu sebesar Rp40 miliar yang bersumber dari DBHCHT, maka tahun ini dianggarkan sebesar Rp54 miliar dengan asumsi penerima manfaat sebanyak 70.000 pekerja.

Baca Juga: Angin Kencang Terjang Sejumlah Desa di Kudus, Atap Bangunan hingga Sekolah Rusak

[ANTARA]

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait