facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cerita Guru di Brebes Ini Rela Keliling Kota untuk Cari dan Urus ODGJ: Cukur Rambut hingga Suapi Makan

Ronald Seger Prabowo Rabu, 18 Mei 2022 | 15:00 WIB

Cerita Guru di Brebes Ini Rela Keliling Kota untuk Cari dan Urus ODGJ: Cukur Rambut hingga Suapi Makan
Siti Zulaini saat mengurus ODGJ yang ditemui di jalan. [Suara.com/F Firdaus]

Tiap hari Sabtu sepulang dari mengajar, dia sengaja berkeliling kota Brebes menggunakan sepeda onthel untuk mencari ODGJ.

SuaraJawaTengah.id - Seorang guru di Kabupaten Brebes, Siti Zulaini memiliki kepedulian yang tinggi terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Dia merelakan waktunya untuk mengurus para ODGJ yang ada di jalanan.

‎Siti merupakan guru di SMAN 1 Brebes. Tiap hari Sabtu sepulang dari mengajar, dia sengaja berkeliling kota Brebes menggunakan sepeda onthel untuk mencari ODGJ.

Kepada ODGJ yang ditemui, Siti menyapa, memberi makan, memberi pakaian yang bersih dan layak, bahkan mengobati jika mengalami luka. Dia juga tak sungkan untuk mencukur rambut ODGJ yang dirasa sudah panjang.

Kebiasaannya itu sudah Siti lakukan selama satu tahun terakhir. Tak hanya pada hari kerja, dia juga kerap berkeliling untuk mencari dan mengurusi ODGJ saat hari libur.

Baca Juga: Ditangani Dewan Kehormatan UGM, Begini Kelanjutan Kasus Karna Wijaya

‎"Saya melakukannya karena kemanusiaan," kata Siti yang di sekolah tempatnya mengajar akrab disapa madam Zulaini, Rabu (18/5/2022).

‎Siti mengaku selalu merasa iba setiap kali melihat ODGJ di jalan, emperan toko, maupun perkampungan. Kondisi mereka tidak terurus dengan pakaian yang sangat kotor dan bau.

"Mereka para ODGJ selama ini kan minim perhatian. Bahkan sering dapat perlakukan kasar, dikucilkan, dan dianggap sampah masyarakat," ujar ibu dua anak itu.

Saat awal-awal mengurus para ODGJ, Siti mengaku ada rasa takut. Seiring waktu dengan seringnya menyapa dan memberi makanan, dia pun ‎perlahan terbiasa.

"Lama kelamaan ketika bersama dengan ODGJ seperti sudah bersahabat," tuturnya.

Baca Juga: Miris, Gaji Guru Honorer Ini Dibayar Rp 4 Ribu per Jam, Videonya Viral

Butuh Perhatian dan Kasih Sayang

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait