Indeks Terpopuler News Lifestyle

Keren! Desa Ini Layani Semua Kebutuhan Penduduknya dengan Aplikasi

Budi Arista Romadhoni Kamis, 17 September 2020 | 11:07 WIB

Keren! Desa Ini Layani Semua Kebutuhan Penduduknya dengan Aplikasi
Tangkapan layar di Aplikasi Si Polgan

Pandemi Covid-19 dapat merubah sistem dan kebijakan, tidak mau dibatasi, pelayanan di Kantor Desa Krandegan sekarang menggunakan Aplikasi

SuaraJawaTengah.id - Inovasi disaat pandemi Covid-19 menjadi tantangan sendiri bagi pelaku usaha, pelayanan publik, maupun instansi pemerintah. Sebab, tidak mungkin jika Covid-19 semakin mengganas, kita hanya duduk diam di rumah.

Desa Krandegan, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo menjadi contoh daerah yang menerapkan inovasi. Layanan publik di desa itu tidak lagi mewajibkan masyarakat untuk datang ke Kantor Kepala Desa hanya untuk mengurus surat keterangan.

Melainkan hanya dengan satu aplikasi, surat permohonannya sudah diantar oleh petugas. 

Kades Krandegan, Dwi Nanto mengatakan, Pandemi Covid-19 membuat banyak perubahan di desanya. Pelayanan menjadi terbatas, dan para pelaku ekonomi tersungkur alias bangkrut.

Sebagai kepala desa, ia mengaku harus memecahkan masalah tersebut. Hingga pada akhirnya ia dan perangkat desa yang lain membuat aplikasi Toko Desaku dan Sistem Pelayanan Online Desa Krandegan (Si Polgan).

“Karena pandemi Covid-19, banyak pengusaha, pedagang tersungkur, bangkrut, sementara kami tidak bisa apa apa. Maka kami mencoba memberikan terobosan dengan digitalisasi. Jaringan internet juga tersebar di desa kami. Banyak tower-tower,” katanya kepada Suara.com, Kamis (17/9/2020).

Dwi mengaku, melalui aplikasi Toko Desaku, para pedagang yang berada di desanya bisa berjualan secara daring atau online. Menurutnya, dengan menggunakan sistem aplikasi tersebut, para pedagang juga bisa berjualan diluar desa Krandengan.

“Jika 10 orang berjualan, maka saya tidak bisa membantu satu persatu, tapi kalau kita bikinkan toko atau aplikasi bisa kita bantu iklankan disitu. Mau pedagang dawet, jualan apapun itu bisa dimasukan di situ.,” ujarnya.

Tangkapan layar aplikasi Toko Desaku
Tangkapan layar aplikasi Toko Desaku

Ia menyatakan, Program jualan online tersebut sudah berjalan dengan baik dan nantinya akan bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Purworejo, untuk memasarkan seluruh UMKM yang ada di Kabupaten tersebut.

“Fiturnya akan kami naikan, ya seperti tokopedia, shoppe gitu lah,” ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait