alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Langkah Penting Mencegah Stroke, Salah Satunya Berhenti Merokok

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana Sabtu, 15 Mei 2021 | 07:39 WIB

5 Langkah Penting Mencegah Stroke, Salah Satunya Berhenti Merokok
Ilustrasi stroke ringan (Foto: shutterstock)

Kebiasaan apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah stroke?

SuaraJawaTengah.id - Stroke bisa dicegah hingga 80 persen melalui perubahan pola hidup sehat dan bekerja sama dengan praktisi perawatan kesehatan guna mengendalikan faktor risiko stroke. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah stroke?

Dalam hal ini, para peneliti telah mengidentifikasi banyak langkah yang bisa diterapkan orang-orang untuk menurunkan risiko stroke.

Dilansir dari Medical Xpress, berikut lima kunci utama mencegah stroke, di antaranya:

Lakukan Rutinitas Sehat Lebih Awal

Baca Juga: Ingin Mulai Pola Hidup Sehat, Perhatikan Dulu Hal Ini

Tak hanya orang tua, stroke juga terjadi pada kaum muda. Sekitar 10 persen hingga 15 persen dari semua stroke terjadi pada orang dewasa berusia 50 tahun ke bawah. Oleh karenanya, tindakan pencegahan perlu dilakukan sejak dini.

Ilustrasi penyakit stroke. (Shutterstock)
Ilustrasi penyakit stroke. (Shutterstock)

Berhenti Merokok

Studi menunjukkan bahwa setiap lima batang rokok yang dihisap seseorang setiap hari, meningkatkan risiko terkena stroke hingga 12 persen.

"Orang-orang memahami bahwa merokok menyebabkan kanker paru-paru, tapi mereka tak memahami bahwa rokok juga merusak otak dan pembuluh darah," ungkap Dr. Cheryl Bushnell, seorang ahli saraf dan direktur Comprehensive Stroke Center di Wake Forest Baptist Health di Winston-Salem, North Carolina.

Lebih Banyak Gerak

Baca Juga: Kenalkan Pola Makan Sehat Pada Anak, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Pria dan wanita yang lebih aktif mempunyai risiko 25 persen hingga 30 persen lebih rendah terkena stroke ketimbang mereka yang kurang aktif. Aktivitas fisik telah terbukti menurunkan kolesterol, membantu menjaga berat badan yang sehat, serta menurunkan tekanan darah.

Baca Juga

Berita Terkait