alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Klaster Pengantar Paket, Puluhan Warga Satu Dukuh di Tegal Positif Covid-19

Budi Arista Romadhoni Selasa, 08 Juni 2021 | 19:02 WIB

Klaster Pengantar Paket, Puluhan Warga Satu Dukuh di Tegal Positif Covid-19
Ilustrasi Klaster pengantar peket terjadi di Kabupaten Tegal, akibatnya puluhan orang positif Covid-19 (Elements Envato)

Klaster pengantar paket terjadi di Tegal, akibatnya satu desa di lockdown

SuaraJawaTengah.id - ‎Puluhan warga di Desa Gantungan, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal terpapar Covid-19 dari klaster pengantar paket

Menyusul munculnya klaster penularan tersebut, satu pedukuhan di desa Kabupaten Tegal tersebut dilakukan karantina wilayah atau lockdown untuk mencegah meluasnya penularan.

‎Kepala Puskemas Jatinegara Ulinuha mengungkapkan‎, terdapat 29 warga yang positif Covid-19 di satu pedukuhan di Desa Gantungan.

"Itu mereka tinggalnya berdekatan di satu pedukuhan, masuknya RT 1 RW 1 Desa Gantungan," katanya, Selasa (8/6/2021).

Baca Juga: Muncul Klaster Paduan Suara, Dinkes Sebut 18 orang Terkonfirmasi Covid-19

‎Ulinuha menjelaskan, kasus Covid-19 yang menyebar di pedukuhan tersebut bermula ketika seorang warga setempat berinisial M memeriksakan diri ke Puskesmas Jatinegara dengan keluhan sakit perut atau diagnosa grastitis pada 21 Mei 2021.

Empat hari berselang, istri M yang sedang hamil juga datang ke puskesmas untuk memeriksakan kandungannya karena ada keluhan batuk. Saat dites swab, hasilnya positif Covid-19.

‎"Setelah istrinya positif Covid-19, otomatis suaminya yang sebelumnya periksa belum diswab, kita swab juga. Hasilnya ternyata positif juga," jelas Ulinuha.

‎Lantaran mengalami gejala dan kondisinya sedang mengandung, pada hari itu juga istri M dibawa ke RS Harapan Sehat Kabupaten Tegal untuk dirawat bersama M.

"Selanjutnya tracing kami lakukan terhadap kontak erat suami istri tersebut yang berada satu rumah. ‎Dari lima orang yang diswab PCR, empat di antaranya positif Covid-19," ujar Ulinuha.

Baca Juga: 48 Warga Gandasari Jatiuwung Positif Covid-19, Gegara Warga Positif Corona Tak Lapor

Tracing dan tes swab kemudian kembali dilakukan ‎terhadap orang tua M yang juga mengeluhkan gejala Covid-19. Hasilnya positif Covid-19.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait