Indeks Terpopuler News Lifestyle

Relawan Tertular Corona, Dinkes Semarang: Diduga Karena Vaksin Itu Sendiri

Budi Arista Romadhoni Jum'at, 11 September 2020 | 14:22 WIB

Relawan Tertular Corona, Dinkes Semarang: Diduga Karena Vaksin Itu Sendiri
Relawan disuntik vaksin Covid-19. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

Dikabarkan terdapat relawan Vaksin Tertular Covid-19 di Semarang

SuaraJawaTengah.id - Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang Abdul Hakam, menduga terinfeksinya seorang relawan  Covid-19 setelah berkunjung dari Kota Semarang lantaran vaksin itu sendiri. 

Menurutnya, bisa jadi vaksin Covid-19 yang ia bawa belum sempurna. Hal itu disebabkan karena vaksinnya belum sempurna dan virulensi virus yang masih tinggi. 

"Saya menduga relawan tersebut terkena Covid-19 karena vaksin itu sendiri," jelasnya kepada Suara.com, Jumat (11/9/2020). 

Ia mengatakan, setiap vaksin atau obat yang sudah beredar mempunyai efektifitas yang hanya mendekati 100 persen. Ia mencontohkan, jika efektifitas vaksin 98 persen makan kemungkinan ada 2 persen orang yang gagal. 

"Jadi tidak semua vaksin itu berhasil. Terdapat beberapa persen yang bisa gagal juga," ucapnya. 

Untuk itu, Hakam menduga relawan yang terkena Covid-19 merupakan bagian dari angka 2 persen yang gagal itu. Apalagi, lanjutnya terapi vaksinasi  yang diberikan belum sempurna. 

"Sebenarnya vaksinasinya juga belum sempurna, baru satu kali," ujarnya. 

Selain itu, relewan tersebut selama 14 hari sebelum pergi ke Kota Semarang ke mana lagi. Apalagi jalur yang ditempuh relawan Covid-19 tersebut adalah jalur darat yang menurut Hakam sangat riskan. 

"Harus ditelusuri, relawan tersebut menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Bisa jadi yang bersangkutan terlalar saat di perjalanan," imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin COVID-19 dari Unpad Prof Kusnandi Rusmil mengungkapkan Relawan dinyatakan sehat secara klinis dan diberikan penyuntikkan kedua.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait