alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Didirikan oleh Kiai Udan Panas, Masjid Ini Mirip Bangunan Menara Kudus

Budi Arista Romadhoni Rabu, 21 April 2021 | 17:20 WIB

Didirikan oleh Kiai Udan Panas, Masjid Ini Mirip Bangunan Menara Kudus
Tiruan Menara Kudus di Masjid Jami Manarul Huda turut Dukuh Baran Kiringan, Desa Samirejo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. [Suara.com/Fadil AM]

Bentuk dan arsitektur, Menara Kudus versi Masjid Jami Manarul Huda ini, memiliki kemiripan hampir 100 persen dari bangunan aslinya

SuaraJawaTengah.id - Di Dukuh Baran Kiringan, Desa Samirejo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus terdapat Masjid Jami Manarul Huda. Tempat ibadah ini dahulunya didirkan oleh salah satu penyebar agama Islam berjuluk Kiai Udan Panas.

Tidak seperti masjid kebanyakan, di masjid ini juga dijumpai Menara Kudus yang menyerupai Menara Kudus di kompleks Masjid Makam Menara Sunan Kudus turut Desa Kauman.

Bahkan dari segi bentuk dan arsitektur, Menara Kudus versi Masjid Jami Manarul Huda ini, memiliki kemiripan hampir 100 persen dari bangunan aslinya.

Tokoh Masyarakat Samirejo, Noor Habib mengatakan, tiruan Menara Kudus itu dibuat pada tahun 1999.

Baca Juga: BPBD Kudus Imbau Msyarakat Waspadai Angin Puting Beliung

Setelah sang nadzir masjid bernama Kiai Ahmad Musa Maulani, saat itu berkeinginan untuk tabarukan kepada Syekh JA’far Shodiq atau yang lebih dikenal dengan Sunan Kudus.

“Selang beberapa tahun karena terinspirasi oleh masjid dan juga tabarukan (ngalab berkah) Mbah Sunan Kudus, maka didirikan lah menara di sini,” ujar Noor, Rabu (21/4/2021).

Pembangunan menara ini sendiri, sedikitnya menghabiskan dana Rp100 juta hasil swadaya masyarakah Dukuh Baran Kiringan.

“Semuanya dikerjakan warga sini. Mustaka menara itu kebetulan saya yang diminta meletakkan. Untuk bata merah agar mirip dengan aslinya kita cari bata pilihan dari daerah Jepang,” ujarnya.

Pihaknya sempat kewalahan saat mencari piringan keramik untuk ditempel di menara agar mirip aslinya. Akhirnya setelah melalui perburuan, replika benda tersebut didapatkan di Kecamatan Juwana, Pati.

Baca Juga: Perhatian Warga Kudus! Tilang Elektronik Diterapkan, Ini Lokasi CCTV-nya

“Kita juga cari jubin-jubin lama. Kalau struktur bangunan dengan Menara Kudus yang ada, wong kita niatnya tabarukan maka kita buat sedetail dan sepersis mungkin,” jelasnya.

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait